dc.description.abstract | Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang mana di dalamnya terdapat interaksi antara siswa dengan guru dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar. Di dalam suatu pembelajaran harus disertai dengan perencanaan. Perencanaan pembelajaran akan menjadikan pembelajaran lebih terarah dan tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Perencanaan pembelajaran meliputi tujuan pembelajaran materi pembelajaran sumber belajar strategi pembelajaran metode pembelajaran dan media pembelajaran.
Media pembelajaran sendiri bermacam-macam salah satunya yaitu media visual. Media visual merupakan suatu alat untuk menyampaikan pesan atau materi kepada siswa melalui indra penglihatan. Di mana media pembelajaran sendiri digunakan untuk membantu siswa dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru melalui gambar. Pada saat melakukan observasi di sekolah MI Tarbiyatus Shibyan Petung Panceng Gresik. Rata-rata guru di sana menggunakan media visual sebagai alat bantu menyampaikan materi kepada siswa.
Dari latar belakang di atas peneliti merumuskan masalah yakni tentang perencanaan pemanfaatan media visual, penggunaan atau penerapan media visual dan hasil pemanfaatan media visual pada pembelajaran tematik kelas III di MI Tarbiyatus Shibyan Petung Panceng Gresik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa perencanaan, penggunaan atau penerapan, dan hasil pemanfaatan media visual.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti melakukan penelitian dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi yaitu mengamati fenomena yang dilakukan secara sistematis, metode wawancara yaitu metode pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan cara tanya jawab dengan narasumber. Dan metode dokumentasi yaitu mengumpulkan data seperti sejarah sekolah, RPP, foto, dan lain sebagainya.
Setelah penulis melakukan pengumpulan data melalui observasi wawancara dan dokumentasi penulis dapat menyimpulkan bahwa bentuk perencanaan pemanfaatan media pembelajaran yaitu menyiapkan sumber belajar menyiapkan materi pembelajaran menyiapkan media pembelajaran (mengecek ketersediaan media mengecek kelayakan media membuat media pembelajaran apabila tidak tersedia) menyiapkan RPP dan menyiapkan bahan evaluasi. Adapun pelaksanaan atau penerapan media visual pada pembelajaran tematik yaitu pemanfaatan media visual sangat membantu siswa pada saat pembelajaran karena dengan bantuan media visual siswa yang pada usia tersebut masih belum bisa berpikiran secara abstrak dengan bantuan media pembelajaran visual siswa lebih mudah memahami materi pembelajaran karena bisa melihat dengan gambar. Adapun hasil dari pemanfaatan media pembelajaran visual pada pembelajaran tematik yaitu guru lebih mudah menyampaikan materi melalui bantuan media pembelajaran visual begitu pun juga dengan siswa mereka dapat lebih mudah memahami materi yang diberikan oleh guru. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang bagaimana langkah ke depannya pihak sekolah agar selalu membimbing dan memberikan arahan kepada setiap guru dalam meningkatkan pengetahuan tentang pengembangan dan pemanfaatan media pembelajaran, serta menyediakan fasilitas yang memadai untuk media pembelajaran.
Kata Kunci : Pembelajaran Visual, Pembelajaran Tematik | en_US |