Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Sintaksis dan Media Flash Card di Kelas I SD Islam NU Lawang
Abstract
Secara umum, usia peserta didik SD/MI berada disekitar usia 6-12 tahun, yang intinya usia ini termasuk pada lingkup anak usia dini. Anak usia dini seperti ini berada pada tahap pertumbuhan serta perkembangan yang paling pesat, baik fisik maupun mental. Oleh sebab itu, pada masa-masa usia dini perlu dilakukan upaya pendidikan anak usia dini yang mencakup bimbingan, pengasuh dan pemberian aktivitas pembelajaran yang mengembangkan berbagai potensi anak agar dapat berkembang secara optimal. Oleh karena itu, dalam pembelajaran di SD/MI media sangat berperan untuk menyukseskan proses pembelajaran di dalam kelas. Mengetahui dan menguasi media sangat penting untuk guru SD/MI. Kerana, apabila guru tidak bisa mengembangkan media pembelajaran, maka sepertinya mereka gagal menjadi seorang guru.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa. Dimana dalam penelitian ini menganalisis untuk menemukan kelemehan-kelemahan dalam proses pembelajaran yang dilakukannya, kemudian merencanakan untuk proses perbaikan dengan program pembelajaran yang telah di susunnya dan diakhiri dengan melakukan refleksi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif menganalisis dengan menggunakan, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan, data kuantitatif menggunakan analisis statistik deskriptif (presentase). Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode sintaksis dan media flash card di kelas 1 SD Islam NU Lawang. 2) Mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam NU Lawang melalui penerapan metode sintaksis dan media flash card. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam NU Lawang melalui metode sintaksis dan media flash card.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Penerapan metode sintaksis dan media flash card di kelas 1 SD Islam NU Lawang pada siklus I siswa baru mulai mengenali media flash card dan ditunjukkan terlebih dahulu cara penggunaannya sedangkan, pada siklus II siswa mulai lancar menggunakan flash card dan mulai menyukai media ini untuk melancarkan membaca. 2) Peningkatan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam NU Lawang melalui penerapan metode sintaksis dan media flash card. Hasil pada siklus I yaitu anak yang mampu mengetahui huruf 71,4%, anak yang mampu menyebutkan huruf awal sama 46%, anak yang mampu menyusun suku kata 57%, anak yang sudah mampu menyusun kalimat 53% sedangkan, pada siklus II anak yang mampu mengetahui huruf 85%, anak yang sudah mampu menebak huruf yang sama 89%, anak yang sudah mampu menyusun suku kata 92%, anak yang sudah mampu menyusun kalimat 85%. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Islam NU Lawang melalui metode sintaksis dan media flash card. Pada siklus I Factor pendukungnya ialah,motivasi siswa dalam membaca meningkat disebabkan adanya gambar menarik dari media flash card, dan juga motivasi dari guru. Dan faktor penghambatnya ialah, jumlah media flash card yang masih kurang. Sedangkan, pada siklus II faktor pendukung, peserta didik lebih cepat memahami dan didukung oleh orang tua serta guru dalam proses pembelajaran dan faktor penghambatnya ialah, media flash card yang jumlahnya belum terlalu banyak.
Kata Kunci: Peningkatan Kemampuan Membaca, Metode Sintaksis, Media Flash Card