Show simple item record

dc.contributor.authorNihayah, Khusnun
dc.date.accessioned2023-01-12T03:20:25Z
dc.date.available2023-01-12T03:20:25Z
dc.date.issued2022-07-08
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6252
dc.description.abstractJenjang pendidikan dasar memiliki peran yang paling urgent dalam kemajuan sebuah bangsa. Pada jenjang ini mulai diletakkan dasar-dasar pengetahuan dan penanaman karakter pada diri siswa. Pengetahuan dan karakter inilah yang akan menjadi model utama peserta didik dalam mengembangkan potensinya hingga mencapai usia dewasa. Kesalahan-kesalahan pelaksanaan pendidikan pada jenjang ini secara otomatis disinyalir cukup berakibat fatal pada perkembangan potensi peserta didik pada jenjang selanjutnya. Untuk meminimalisir kesalahan tersebut, salah satunya bisa diminimalisir dengan pemberlakuan kurikulum 2013 di semua satuan pendidikan, terutama pada jenjang pendidikan dasar yang di dalamnya diterapkan pendekatan pembelajaran tematik. Dimana pembelajaran tematik dapat menciptakan pembelajaranramah anak yang aman, bersih, dan sehat, peduli dan berbudaya lingkungan hidup, maupun menjamin, memenuhi, menghargai hak-hak anak dan perlindungan anak dari kekerasan, deskriminasi, dan perlakuan salah lainya. Berdasarkan observasi awal, bahwasanya dengan adanya pembelajaran tematik yang berbasis ramah anak guru mengadakan sosialisasi terkait tidak boleh mencubit, memberi sanksi dan peserta didik harus lebih disayang dengan cara pendekatan rohani, karena melalui pembelajaran tematik ramah anak sekolah MI Khadijah Malang menjadi lebih maju dan berkembang kearah lebih baik. Sekolah lebih dapat berkesempatan dalam menambah prestasi peserta didik, meningkatkan sumber dayanya, serta menjalin hubungan baik dengan masyarakat dan wali murid sekitar sekolah. Dari latar belakang penelitian di atas, maka peneliti merumuskan masalah, yakni tentang bagaimana perencanaan implementasi pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, proses pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, dan penilaian pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang perencanaan pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, mendeskripsikan pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, dan mendeskripsikan penilaian pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang. Untuk mencapai tujuan di atas, penilitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi participant, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data pada penelitian ini melalui proses pengumpulan data, condensation, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan datanya dengan triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Dari hasil temuan penelitian yang telah dilakukan, maka peneliti dapat mengambil kesimpulan implementasi pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik kelas III adalah: 1) Perencanaan pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, meliputi: evaluasi kurikulum dengan menggunakan dua kurikulum yaitu kurikulum 2013 untuk kelas rendah dan kurikulum 22 untuk kelas tinggi, mempersiapkan tenaga pendidik dengan mengadakan sosialisasi dan pelatihan dalam pembelajaran tematik yang ramah anak, dan menyusun pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan membuat RPP 1 lembar dan menyiapkan bahan ajar. 2) proses pelaksanaan pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, meliputi: kegiatan pendahuluan dengan melakukan apresiasi dan motivasi, kegiatan inti dengan menggunakan pendekatan scientific, yakni mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan, kegiatan penutup dengan melakukan refleksi dan evaluasi dalam pembelajaran. 3) penilaian pembelajaran tematik berbasis ramah anak pada peserta didik di kelas III di MI Khadijah Malang, meliputi: penilaian aspek kognitif dengan menggunakan pilihan ganda, isian dan esay, penilaian aspek afektif dengan pengamatan terhadap kehadiran siswa dan keaktifan siswa sebelum pembelajaran, dan aspek psikomotorik dengan siswa melakukan presentasi dan praktik membuat peta konsep. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Tematik, Ramah Anaken_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectPendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectPembelajaran Tematiken_US
dc.subjectRamah Anaken_US
dc.titleImplementasi Pembelajaran Tematik Berbasi Ramah Anak Pada peserta didik kelas III di MI Khadijah Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record