dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah Roudlotun Nasyi’in. 2) mengetahui minat belajar Matematika di MI Roudlotun Nasyi’in. 3) faktor-faktor pendukung dan penghambat minat belajar siswa di MI Roudlotun Nasyi’in.
Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru, dan siswa kelas 5. Dalam pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi/pengamatan, wawancara, dan dokumentasi oleh peneliti. Sebagai penunjang pengamatan sesuai dengan fokus masalah yang ada.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) pembelajaran Matematika meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menyusun perangkat pembelajaran yang berupa silabus, prota, promes, dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran dilakukan sesuai dengan RPP yang telah disusun dengan menggunakan beberapa komponen pembelajaran mulai dari model pembelajaran hingga media pembelajaran yang digunakan. Evaluasi pembelajaran dilakukan di awal, ditengah, dan diakhir pembelajaran Matematika, evaluasi meliputi tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. 2) minat belajar siswa pada pembelajaran Matematika dilihat dari indikator yaitu perhatian, ketertarikan, keterlibatan dalam belajar, rajin belajar, tekun dan disiplin, dan memiliki jadwal belajar. Dari indicator tersebut dinyatakan bahwa minat belajar siswa kelas 5 tergolong rendah, hal ini dibuktikan dengan pengamatan peneliti dan wawancara kepada keempat siswa. 3) faktor pendukung dan penghambat minat belajar. Adapaun faktor pendukung minat belajar yakni dukungan orang tua di sekolah ataupun di rumah, motivasi dari guru, lingkungan belajar yang nyaman dan tenang. Sedangkan faktor penghambat yakni media pembelajaran yang kurang menarik, metode pembelajaran yang kurang variatif, dan sarana dan prasarana yang kurang memadai.
Kata Kunci : Analisis, Minat Belajar, Pembelajaran Matematika | en_US |