Penerapan Aplikasi Microsoft Teams pada Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas VII Brawijaya Smart School Malang pada Masa Covid-19

Show simple item record

dc.contributor.author Maufiroh, Yunara
dc.date.accessioned 2023-01-16T03:28:16Z
dc.date.available 2023-01-16T03:28:16Z
dc.date.issued 2021-06-30
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6274
dc.description.abstract Begitu banyak aplikasi sebagai media pembelajaran online yang telah digunakan oleh para guru dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik. Di dalam media pembelajaran online ini sudah lama ada, tetapi semakin merebak di Indonesia saat ini dengan adanya pandemi Covid 19. Karena saat ini banyak sekali sekolah-sekolah yang beralih ke pembelajaran jarak jauh, salah satu aplikasi yang siap pakai untuk pembelajaran yaitu menggunakan aplikasi Microsoft Teams. Microsoft teams yaitu sebuah aplikasi yang memungkinkan siswa menjadi Tim pembelajaran siswa, yang bertemu dalam video convrence. Dengan itu mempersatukan percakapan, konten, penugasan, dan aplikasi di satu tempat, mungkin seorang guru menyiapkan satu ruang belajar yang dinamis. Berdasarkan observasi awal, bahwasanya proses pembelajaran di SMP Brawijaya Smart School berjalan sesuai aturan berlaku. Dengan adanya pandemi Covid 19 pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Dan sekolah memilih untuk menggunakan aplikasi Microsoft Teams, menurut peneliti aplikasi tersebut sangat membantu guru dan siswa dalam belajar mengajar karena aplikasi ini mempunyai ketetapan semangat siswa untuk belajar dan aplikasi tersebut sangat membantu para guru begitu juga dengan guru PAI. Dari latar belakang penelitian di atas, peneliti merumuskan masalah, yakni penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII, Lankah-langkah penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII, Faktor pendukung dan penghambat penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII. Mengetahui Lankah-langkah penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII. Dan mengetahui Faktor pendukung dan penghambat penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut, pendekatan yang diambil adalah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi untuk mengamati penerapan, langkah-langkah dan faktor pendukung dan penghambat penggunaan aplikasi Microsoft teams; metode wawancara yang dilakukan secara mendalam dan terstruktur kepada sumber penelitian; dan metode dokumentasi untuk mengumpulkan data-data penunjang berupa profil sekolah, data guru, data siswa, dan gambar-gambar dan dokumen-dokumen terkait penerapan aplikasi Microsoft Teams dalam pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil temuan penelitian, penerapan aplikasi Microsoft Teams menghadapi penyelenggaraan pembelajaran daring aplikasi tersebut bisa menjadi aplikasi alternatif bagi guru dan siswa, hal tersebut sangat mempermudah siswa dalam meeting, penyampaian materi, dalam penugasan sampai pengumpulan tugas. Sedangkan bagi guru juga mempermudahkan dalam penyampaian materi kepada siswa. Langkah-langkah dalam penerapan aplikasi tersebut di awal, login aplikasi, masuk ke akun yang pernah digunakan atau masuk akun lain beserta masukan password maka langsung masuk ke ruang meeting. Untuk penugasan klik “view assignment” kemudian pengumpulan tugas klik “tambahkan pekerjaan” dan kumpulkan. Adapun faktor-faktor pendukung dan penghambat penerapan aplikasi Microsoft Teams pada pembelajaran daring Pendidikan Agama Islam kelas VII meliputi beberapa faktor, faktor menjadi pendukung yakni: siswa tidak terlalu banyak menggunakan aplikasi. Sedangkan faktor menjadi penghambat yakni: terkendala sinyal serta kurangnya motivasi dan dukungan dari orang tua. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran untuk ke depannya ialah agar siswa dapat meningkatkan keaktifan belajar dalam pembelajaran daring, dan guru selalu memberikan support, dukungan dan motivasi, begitu juga dari orang tua selalu memotivasi anaknya dalam pembelajaran selama di rumah, agar pembelajaran berjalan dengan lancar dan sesuai tujuan. Kata Kunci : Aplikasi Microsoft Teams, Pembelajaran Daring, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Aplikasi Microsoft Teams en_US
dc.subject Pembelajaran Daring en_US
dc.title Penerapan Aplikasi Microsoft Teams pada Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Kelas VII Brawijaya Smart School Malang pada Masa Covid-19 en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account