Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Toleransi Siswa di SMA Negeri 2 Malang
Abstract
Indonesia memiliki banyak daerah yang sangat luas dengan keadaan yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Hal ini yang menjadi penting dalam sebuah karakter toleransi dalam keberagaman sosial budaya. Karter toleransi dalam keberagaman sosial dan budaya yang ada karena memang banyak diantara perbedaan antar daerah dari adat istiadat, dan budaya dalam kehidupan setiap hari. Hal inilah yang disebut menjadi salah satu kekayaan bangsa Indonesia. Dana keberagaman yang berada diindonesia telah menjadi symbol persatuan yang dilingkup dalam bingkai bhineka tunggal ika. Oleh karena itu sebagai orang Indonesia harus saling menjaga agar tetap Bersatu dan harmonis.
Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter toleransi di sma negeri 2 Malang. Metode penelitian yang di gunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif deskriptif yang di amati langsung. Adapun Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi Teknik, dan waktu. Analisis data yang digunakan reduksi data, display data dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru Pendidikan agama Islam dalam pembentukan karakter toleransi siswa memiliki peran penting untuk membina, mengarahkan serta memberikan motivasi terkait toleransi antara umat agama dan budaya kepada siswa. Agar siswa tidak menyimpang dan saling menghargai antara sesama pemeluk agama. Faktor pendukung dalam pembentukan karakter toleransi di SMA negeri 2 Malang berupa lingkungan yang kondusif, dorongan kepala sekolah, tersedianya fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat tidak terlalu terlihat, hanya ada beberapa seperti siswa yang belum bisa beradaptasi karena lingkungan yang berdeda dari biasanya.
Kata Kunci: Upaya Guru PAI, Karakter Toleransi