Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Materi Mujahadah An-Nafs di SMA Negeri 5 Malang
Abstract
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam merupakan sebuah pembelajaran yang bertujuan untuk menumbuhkan akidah, meningkatkan keimanan, penghayatan, pemahaman dan pengalaman peserta didik terhadap ajaran agama islam. Akan tetapi dalam suasana belajar mengajar dalam sekolah-sekolah yang sering kita jumpai terdapat beberapa masalah. Salah satunya adalah di sekolah SMAN 5 Malang, banyak peserta didik memperoleh nilai yang bagus dalam sejumlah mata pelajaran, tetapi kebanyakan dari mereka terlihat kurang mampu menerapkan perolehannya, baik berupa pengetahuan, keterampilan, maupun sikap.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan reading guide dan prestasi belajar dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Mujahadah An-nafs di SMAN 5 Malang. pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif.
Pendekatan kualitatif adalah pendekatan yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, tindakan, dll. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitianya adalah peningkatan prestasi siswa terkait materi mujahadah an-nafs dengan menggunakan model pembelajaran reading guide dapat diketahui berdasarkan hasil tes siklus II diperoleh nilai rata-rata 89,3 dan siswa yang lulus mencapai 93,3% atau sebanyak 29 siswa. Sedangkan siswa yang nilainya belum mencapai KKM yaitu 6,7% atau sebanyk 1 siswa. Data penelitian digunakan sebagai sumber belajar penidikan agama islam berupa bahan ajar pada materi mujahadah an-nafs yang dipelajari di SMA dan memotivasi siswa agar lebih berani mengungkapkan gagasannya serta memacu siswa agar lebih banyak membaca buku.
Kata Kunci : Penerapan, Reading Guide, Mujahada An-Nafs