Show simple item record

dc.contributor.authorIndriani, Sri Murni
dc.date.accessioned2023-01-16T03:31:36Z
dc.date.available2023-01-16T03:31:36Z
dc.date.issued2022-07-14
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6280
dc.description.abstractPembelajaran merupakan proses belajar yang melibatkan interaksi antara guru dan juga peserta didik. peran guru dalam mendidik peserta didik tentunya harus bisa memiliki perhatian yang lebih pada pembelajaran dimasa pandemi ini. mendidik tentunya akan berhubungan dengan penanaman karakter peserta didik. Proses pembentukan karakter disekolah yang dilakukan oleh guru tentunya membutuhkan strategi yang tepat dalam pembentukan tersebut juga memiliki strategi yang bermacam-macam baik itu melalui kegiatan pemahaman, keteladanan, pembiasaan, integrasi dalam kegiatan pengembangan diri.dalam pembentukan karakter religius dibutuhkan strategi yang sesuai dengan pembentukan karakter tersebut agar yang menjadi tujuan digunakannya strategi tersebut dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi yang digunakan guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir desa Parerejo Purwodadi Pasuruan.(2) Mendeskripsikan hasil dari implementasi strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir desa Parerejo Purwodadi Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yakni: Pengumpulan data, Penyajian data, Conclusion drawing, dan Kesimpulan. Data yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Triangulasi dan juga menggunakan referensi pendukung, berupa wawancara, dan juga foto foto dan hasil wawancara. Dan beberapa interaksi sosial di SMP Mamba’ul Khoir. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang guru PAI gunakan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir desa Parerejo Purwodadi Pasuruan dengan menggunakan metode Pemahaman, metode Keteladanan dan juga metode Pembiasaan. (2) Hasil dari implementasi pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir yaitu: meningkat nya iman dan ketaqwaaan peserta didik, akhlak terpuji yang tercermin pada peserta didik, peserta didik terbiasa melakukan kegiatan keagamaan yang diseleggarakan di sekolah, menambah wawasan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religiusen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.subjectStrategi Guruen_US
dc.subjectKarakter Religiusen_US
dc.titleStrategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Mamba’ul Khoir Desa Parerejo Purwodadi Pasuruan)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record