View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Religius Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Mamba’ul Khoir Desa Parerejo Purwodadi Pasuruan)

Thumbnail
View/Open
Publish (1.929Mb)
Fulltext (4.253Mb)
Date
2022-07-14
Author
Indriani, Sri Murni
Metadata
Show full item record
Abstract
Pembelajaran merupakan proses belajar yang melibatkan interaksi antara guru dan juga peserta didik. peran guru dalam mendidik peserta didik tentunya harus bisa memiliki perhatian yang lebih pada pembelajaran dimasa pandemi ini. mendidik tentunya akan berhubungan dengan penanaman karakter peserta didik. Proses pembentukan karakter disekolah yang dilakukan oleh guru tentunya membutuhkan strategi yang tepat dalam pembentukan tersebut juga memiliki strategi yang bermacam-macam baik itu melalui kegiatan pemahaman, keteladanan, pembiasaan, integrasi dalam kegiatan pengembangan diri.dalam pembentukan karakter religius dibutuhkan strategi yang sesuai dengan pembentukan karakter tersebut agar yang menjadi tujuan digunakannya strategi tersebut dapat dicapai. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan strategi yang digunakan guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir desa Parerejo Purwodadi Pasuruan.(2) Mendeskripsikan hasil dari implementasi strategi yang digunakan oleh guru PAI dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir desa Parerejo Purwodadi Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap yakni: Pengumpulan data, Penyajian data, Conclusion drawing, dan Kesimpulan. Data yang disajikan dalam bentuk deskriptif. Pengecekan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik Triangulasi dan juga menggunakan referensi pendukung, berupa wawancara, dan juga foto foto dan hasil wawancara. Dan beberapa interaksi sosial di SMP Mamba’ul Khoir. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Strategi yang guru PAI gunakan dalam pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir desa Parerejo Purwodadi Pasuruan dengan menggunakan metode Pemahaman, metode Keteladanan dan juga metode Pembiasaan. (2) Hasil dari implementasi pembentukan karakter religius peserta didik di SMP Mamba’ul Khoir yaitu: meningkat nya iman dan ketaqwaaan peserta didik, akhlak terpuji yang tercermin pada peserta didik, peserta didik terbiasa melakukan kegiatan keagamaan yang diseleggarakan di sekolah, menambah wawasan peserta didik terhadap ajaran agama Islam. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6280
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group