Implementasi Pendidikan Agama Islam Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islami Siswa di SMA Islam Al Ma’arif Singosari
Abstract
Di Indonesia saat ini masih begitu banyak masalah-masalah yang belum terselesaikan. Khususnya dalam dunia Pendidikan, baik efektivitas maupun efisiensi Pendidikan itu sendiri. Adanya berbagai pengaruh negative dan perkembangan zaman tidak menutup kemungkinan bagi siswa maupun siswi disekolah tersebut untuk melakukan pelanggaran terhadap peraturan yang ada disekolah. Pelanggaran yang kerap dilakukan siswa seperti membolos sekolah yang merupakan perilaku tidak baik. Siswa yang memiliki karakter islami yang baik akan tahu apa yang harus dilakukan yang menurutnya baik dan mempertanggungjawabkan apa dilakukan dan segala perbuatannya. Oleh karena itu, disinilah peranan sekolah guru, tidak lepas dari guru di dalam bidang agama (guru PAI) begitu penting dalam membentuk karakter serta adab siswa (akhlak) setiap siswa agar menjadi orang yang bertanggungjawab, dewasa, mandiri dan juga bersifat akhlakul karimah.
Dari latar belakang di atas peneliti dapat mengambil fokus penelitian antara lain: 1) Apa saja upaya yang dilakukan Guru PAI dalam pembentukan karakter islami siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang? 2) Bagaimana implementasi Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang dalam membentuk karakter islami pada siswa? 3) Apa saja hasil implementasi Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembentukan karakter islami siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang?
Tujuan daripada penelitian adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan dalam upaya pembentukan karakter siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang saat disekolah. 2) Untuk mengetahui implementasi Pendidikan Agama Islam di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang dalam membentuk karakter islami pada siswa. 3) Untuk mengetahui hasil implementasi Pendidikan Agama Islam sebagai upaya pembentukan karakter islami siswa di SMA Islam Al-Ma’arif Singosari Malang.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan jenis penelitian menggunakan studi kasus. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber datanya menggunakan sumber data primer dan sekunder. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan tiga tahap yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi data.
Dari penelitian yang telah dilakukan dapat diambil kesimpulan bahwa, 1) Upaya guru dalam pembentukan karakter siswa dengan pembinaan-pembinaan terkait program keagamaan yang dilakukan oleh guru PAI yang sudah banyak membantu dan membimbing dalam pembentukan karakter islami pada diri siswa. Seperti halnya terlaksananya shalat dhuha berjamaah, shalat dhuhur berjamaah,
shalat jumat berjamaah di masjid, sikap peul lingkungan, dan juga sikap sadar diri terhadap bahayanya narkoba, serta perilaku-perilaku positif siswa terhadap guru seperti saling bertegur sapa, saling menghormati. 2) Melakukan bimbingan kepada peserta didik melalui kegiatan sholat dhuha, bimbingan baca Al-Qur’an, sholat jamaah dimasjid ketika dzuhur, dan juga melakukan pendekatan secara intens terhadap peserta didik agar terjalin komukasi yang baik dan peserta didik pun menjadi lebih terbuka kepada guru. 3) Lulusan SMA Islam Al-Maarif Singosari Malang mempunyai siswa berkualitas contohnya setidaknya bisa mengaji dan memiliki adab, akhlak atau etika yang baik serta memiliki karakter islami yang dapat diterapkan di masyarakat dalam menghadapi beberapa kondisi yang mungkin saat ini kebanyaan para remaja yang mempunyai masalah krisis moral terhadap orang lain.
Kata Kunci : Implementasi, PAI, Pembentukan Karakter Islami