dc.description.abstract | Organik merupakan pertanian yang mengutamakan kelestarian alam yang diresmikan oleh pemerintah sesuai acuan di dalam SNI. Sudah menjadi ketentuan bagi seluruh pelaku usaha yang bergerak di sektor pertanian organik, di Indonesia sayuran merupakan komoditas pertanian yang sangat digemari masyarakat dan merupakan kebutuhan yang sangat penting untuk kesehatan. Kualitas Pelayanan yang baik dan kualitas produk yang berkualitas, harga yang kompetitif, maka akan mendorong terciptanya loyalitas konsumen. Jika harga yang ditetapkan terlalu tinggi atau pelayanan yang diberikan tidak sebanding dengan harga yang harus dibayar, maka produk tersebut kurang sesuai bagi pelanggan yang berkunjung ke CV. Kurnia Kitri Ayu Farm. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi loyalitas konsumen pada sayur organik di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang di masa pandemi covid-19.
Penelitian ini dilakukan di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang yang terletak di Kelurahan Sukun, Kecamatan Sukun, Kota Malang pada tanggal 20 Juni 20 Juli 2022. Untuk responden yang menjadi sampel adalah konsumen yang membeli produk langsung di otlet CV. Kurnia Kitri Ayu Farm dan minimal sudah pernah membeli produk sayuran organik 1 kali. Baik itu wisatawan maupun masyarakat lokal. Berdasarkan kriteria tersebut dapat diambil sebagai sampel berjumlah 45 orang.
Berdasarkan hasil dan pembahasan dalam penelitian ini tentang pengaruh kualitas produk, harga produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen sebagai berikut: Kualitas produk meliputi warna produk, kebersihan produk, kesegaran produk dan kemasan produk yang dimiliki CV. Kurnia Kitri Ayu Farm sudah dengan baik dalam berinovasi dan terjamin kebersihannya, Dari hasil tersebut didukung dari persentase penilaian loyalitas konsumen untuk kualitas produk sayuran organik yang memberikan nilai dengan kategori cukup setuju sebesar 27%, kategori setuju sebesar 64%, dan kategori sangat setuju sebesar 9%. Kemudian kualitas produk terhadap loyalitas memiliki nilai original sampel 0,715 (pengaruh positif), t statistic sebesar 7,383 > 1,96 dan p values sebesar 0,000 < 0,05. Dari hasil diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kualitas produk terhadap loyalitas konsumen.
Harga produk meliputi keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas, daya saing harga. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian loyalitas konsumen dengan kategori kategori cukup setuju 24%, kategori setuju 64%, dan kategori sangat setuju 11%. Kemudian harga produk terhadap loyalitas konsumen memiliki nilai original sampel 0,286 (pengaruh positif), t statistic sebesar 2,932 > 1,96 dan p values sebesar 0,004 < 0,05. Dari hasil diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara harga produk terhadap loyalitas konsumen. Kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan CV. Kurnia Kitri Ayu Farm seperti keramahan karyawan, kecepatan karyawan dan fasilitas belum sepenuhnya terealisasikan sesuai dengan kebutuhan konsumen atau pengunjung. Hal ini ditunjukkan dari hasil penilaian loyalitas konsumen dengan kategori cukup setuju 20%, kategori setuju 67%, dan kategori sangat setuju 13%. Kemudian kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen memiliki nilai original sampel -0,098 (pengaruh negatif), t statistic sebesar 0,834 < 1,96 dan p values sebesar 0,405 > 0,05. Dari hasil diinterpretasikan bahwa tidak ada pengaruh antara kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. Dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
Kualitas produk yang meliputi warna, kebersihan, kesegaran dan kemasan produk yang diberikan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm sudah memiliki kualitas produk yang sangat baik. Kualitas produk pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini berarti jika kualitas produk ditingkatkan maka loyalitas konsumen juga akan meningkat. Harga produk yang meliputi harga terjangkau, kesesuaian harga dengan kualitas produk dan daya saing yang diberikan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm sudah sesuai dengan standar harga yang diinginkan oleh konsumen. Sehingga harga pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen. Hal ini berarti jika harga yang diberikan sesuai dengan keinginan konsumen maka loyalitas konsumen juga akan meningkat. Kualitas pelayanan yang meliputi keramahan karyawan, kecepatan karyawan dan fasilitas yang diberikan oleh CV. Kurnia Kitri Ayu Farm masih belum sepenuhnya terealisasikan dengan kebutuhan konsumen. Sehingga kualitas produk pada CV. Kurnia Kitri Ayu Farm tidak ada pengaruh terhadap loyalitas konsumen. Hal ini berarti kualitas pelayanan di CV. Kurnia Kitri Ayu Farm masih belum memenuhi pelayanan yang sesuai dengan keinginan konsumen.
Peneliti ingin memberikan saran untuk dapat meningkatkan kualitas produk sayuran organik yang ditawarkan kepada konsumen produk CV. Kurnia Kitri Ayu Farm harus lebih dapat ditingkatkan lagi kualitasnya sesuai dengan trend konsumsi yang ada, baik itu dari kecerahan, kebersihan, kesegaran dan kemasan produk. Sehingga dapat meningkatkan loyalitas konsumen terutama di masa pasca pandemi. Untuk meningkatkan loyalitas konsumen peneliti memberi saran agar variabel harga dapat dipertahankan dengan memberikan harga yang terjangkau dan sesuai dengan kualitas produk agar konsumen merasa loyal atas harga yang diberikan.
Kata Kunci : Loyalitas Konsumen, Sayur Organik, CV. Kurnia Kitri Ayu Farm Malang, Masa Pandemi Covid-19 | en_US |