Pengaruh Ukuran Perusahaan, Likuiditas dan Profitabilitas Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bei Tahun 2018-2021)
Abstract
Pengungkapan Corporate Social Responsibility merupakan aspek penting dari keberlanjutan perusahaan. Karena perusahaan yang menguntungkan dalam jangka panjang beroperasi dengan prinsip keberlanjutan. Keputusan perusahaan tidak hanya didasarkan pada motif keuntungan tetapi juga mempertimbangkan dampaknya terhadap masyarakat di sekitar perusahaan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan, likuiditas, dan profitabilitas terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility . Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2018-2021. Penulis menggunakan teknik purposive sampling untuk penelitian ini. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility, likuiditas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Corporate Social Responsibility, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility. Ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility.
Kata kunci: ukuran perusahaan, likuiditas, profitabilitas, dan CSR