Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis “Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang”. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan metode purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang angkatan 2016-2017. Adapun yang dipilih sesuai kriteria sampel ditentukan dari jumlah populasi = 423 sebanyak 100 siswa. Analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Malang, dengan nilai (t) = 4.724 dan nilai (t) tabel = 1.664 artinya nilai (t) lebih besar dari nilai (t) tabel (4,724> 1,660) dengan tingkat signifikansi 0,000 dimana signifikan <Alpha (0,000 <0,05), hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Kemudian dilihat dari nilai β1 yang bernilai p positif (4,724) sehingga jika variabel Pendidikan Kewirausahaan berubah 1% maka variabel Minat Berwirausaha akan meningkat sebesar 4,724. Hasil uji kesesuaian model menunjukkan bahwa secara simultan Pendidikan Kewirausahaan berpengaruh signifikan terhadap Minat Berwirausaha. Hal ini ditunjukkan dengan nilai hitung (F) sebesar 4,255 dengan signifikan <Alpha (0,000 <0,05). Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,424 menunjukkan bahwa pengaruh Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha sebesar 42,4% dan sisanya 57,6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian.