Dampak Moderasi Promosi Medsos pada Pengaruh Customer Relationship Management dan Brand Trust terhadap Keputusan Kuliah Program Magister Pascasarjana UNISMA (Studi pada Mahasiswa Program Magister Pascasarjana UNISMA)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh customer relationship management dan brand trust terhadap
keputusan kuliah program magister Pascasarjana UNISMA melalui
moderasi promosi MEDSOS. Metode yang digunakan dalam pengambilan
sampel adalah non probability sampling yaitu teknik proporsional sampling
yang merupakan teknik penentuan sampel dengan proporsi yang rata
sesuai populasi tertentu. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan skala likert, analisis jalur (Path Analysis)
dan juga melalui uji t dengan menggunkanan program SPSS.
Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa CRM dan brand
trust berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan kuliah di program
magister Pascasarjana UNISMA. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat
strategi CRM dan brand trust maka akan semakin tinggi tingkat keputusan
kuliah. Sedangkan penggunaan promosi MEDSOS dapat menjadi
mediator CRM, hal ini berarti semakin baik strategi CRM yang diterapkan
dengan pemanfaatan media sosial maka semakin tinggi pula tingkat
keputusan kuliah. Akan tetapi, promosi MEDSOS tidak bisa menjadi
mediator pada brand trust terhadap keputusan, hal ini berarti bahwa
promosi MEDSOS tidak berpengaruh pada kepercayaan untuk
menentukan keputusan kuliah di program magister Pascasarjana
UNISMA.