Show simple item record

dc.contributor.authorJulaeha, Siti
dc.date.accessioned2020-11-30T04:13:12Z
dc.date.available2020-11-30T04:13:12Z
dc.date.issued2020-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/664
dc.description.abstractPembelajaran matematika adalah suatu proses pembentukan pola berfikir dalam memahami suatu pengertian, penalaran, dan hubungan antar konsep matematika. Kemampuan koneksi matematis merupakan kemampuan mencari hubungan berbagai representasi konsep dan prosedur, menilai keterkaitan antar topik matematika, menerapkan matematika dalam bidang ekonomi atau dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu perlunya memiliki kemampuan koneksi matematis yaitu konsep-konsep dalam matematika saling berkaitan atau berhubungan. Selain itu pentingnya menumbuhkan kemampuan koneksi matematis peserta didik adalah agar peserta didik mempunyai kemampuan dalam proses menyelesaikan masalah. Salah satu bentuk menyelesaikan masalah yaitu dalam menyelesaikan soal cerita. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal cerita pada subpokok materi kubus dan balok peserta didik kelas VIII. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas VIII MTsN 1 Kota Pasuruan yang berdomisili di Kec. Rejoso Kab. Pasuruan. Subjek penelitian dipilih berdasarkan kemampuan matematika yang diambil dari dokumen guru yaitu nilai ulangan harian materi bangun ruang sisi datar dan diskusi dengan guru mata pelajaran matematika. Penentuan subjek penelitian berdasarkan kemampuan matematika mengacu pada skala penilaian yang ditetapkan Ratumanan dan Laurens yaitu tingkat kemampuan matematika peserta didik dikategorikan kemampuan rendah jika 0 ≤ rata-rata ulangan harian ≤ 60, dikategorikan kemampuan sedang jika 60 ˂ rata-rata ulangan harian < 80, dikategorikan kemampuan tiggi jika 80 ≤ rata-rata ulangan harian ≤ 100. Diperoleh 2 peserta didik memiliki kemampuan matematika tinggi, 7 peserta didik memiliki kemampuan matematika rendah , dan 4 peserta didik memiliki kemampuan matematika rendah, dengan pertimbangan kemudahan peneliti menjangkau rumah subjek penelitian dan berdasarkan protokol Covid-19, maka diambil 6 subjek penelitian dengan kategori 2 peserta didik berkemampuan matematika tinggi, 2 peserta didik berkemampuan matematika sedang, dan 2 peserta didik berkemampuan matematika rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tahaptahap berikut yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik adalah sebagai berikut, 1) peserta didik berkemampuan matematika tinggi mampu memenuhi semua indikator koneksi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi kubus dan balok. . Perbedaan peserta didik berkemampuan matematika tinggi terletak pada daya ingat, subjek LF mempunyai daya ingat cepat dilihat pada proses mengerjakan tes selesai lebih cepat dari waktu yang ditetapkan oleh peneliti dan subjek FT mempunyai daya ingat lama dilihat dari proses mengerjakan tes selesai tepat pada waktu yang ditetapkan oleh peneliti, 2) peserta didik berkemampuan matematika sedang cenderung dapat memenuhi indikator kemampuan koneksi matematis yaitu mampu memenuhi 2 dari 3 indikator kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal cerita, berdasarkan data subjek AR ternyata memiliki rata-rata ulangan harian 75 yang menunjukkan bahwa cenderung kepada kemampuan matematika tinggi dan cenderung tidak dapat memenuhi satupun indikator kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi kubus dan balok, sedangkan subjek NL ternyata memiliki rata-rata ulangan harian adalah 69 yang menunjukkan bahwa cenderung kepada kemampuan matematika rendah dan 3) peserta didik berkemampuan matematika rendah tidak mampu memenuhi satupun indikator kemampuan koneksi matematis dalam menyelesaikan soal cerita materi kubus dan balok.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKemampuan Koneksi Matematisen_US
dc.subjectSoal Ceritaen_US
dc.subjectKemampuan Matematika Kubus dan Baloken_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Koneksi Matematis Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Subpokok Materi Kubus dan Balok Kelas VIIIen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record