View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Master Theses
  • MT - Administrative Science
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Peranan Sekretariat Dewan dalam Upaya Peningkatan Fungsi Legeslasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang

Thumbnail
View/Open
PERANAN SEKRETARIAT DEWAN DALAM UPAYA PENINGKATAN FUNGSI.pdf (2.636Mb)
S2_22102091014_WANEDI.pdf (1.606Mb)
Date
2023-01-16
Author
Wanedi
Metadata
Show full item record
Abstract
Sekretaris DPRD (Sekwan) mempunyai rumusan tugas membantu melaksanakan segala usaha dan kegiatan DPRD yang meliputi pelaksanaan informasi, keuangan dan administrasi serta asistensi dalam rangka pelaksanaan tugas, wewenang serta hak dan kewajiban anggota DPRD. Sekwan juga memiliki tugas melakukan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi seluruh penyelenggaraan tugas sekwan, menyusun rencana, mengolah, menelaah dan menyiapkan koordinasi perumusan kebijakan pimpinan DPRD. Berdasarkan latar belakang, maka dua permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu, pertama, Peranan sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Malang berdasarkan ketentuan perundang-undangan. dan kedua mekanisme kerja sekretariat DPRD berdasarkan ketentuan perundang-undangan. Pada penelitian ini, Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif, Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dukumentasi. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa sekretariat DPRD mempunyai tugas/peran menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan dan mengkoordinasikan tenaga ahli yang diperlukan oleh DPRD dalam melaksanakan hak dan fungsinya. Makanisme kerja sekertariat DPRD merupakan merumuskan program kerja, melaksanakan kebijakan strategis, dan teknis fasilitasi pelaksanaan fungsi DPRD di bidang legislasi, penganggaran, dan pengawasan; mengkoordinasikan fasilitasi pelaksanaan fungsi DPRD bidang legislasi, penganggaran, dan pengawasan; membina, mengawasi, mengendalikan, dan melaksanakan tugas kesekretariatan serta perencanaan dan keuangan; mengarahkan pelaksanaan program dan kegiatan kepada bawahan sesuai tugas dan fungsinya; menyelenggarakan administrasi kesekretariatan dan keuangan, mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD, serta menyediakan tenaga ahli fraksi; mengevaluasi program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi lingkup Sekretariat DPRD; dan melaporkan pelaksanaan program dan kegiatan sesuai tugas dan fungsi lingkup Sekretariat DPRD. Kemudian ada juga faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Malang dalam Penyelenggaraan Administrasi Kesekretariatan Belum optimalnya pelaksanaan reformasi birokrasi, Tuntutan peningkatan kualitas pelayanan publik. Pendayagunaan sumber daya aparatur daerah, Pendayagunaan sumber daya aparatur daerah, Restrukturisasi Organisasi dan Manajemen Publik, dan Manajemen Keuangan dan Aset Daerah
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6666
Collections
  • MT - Administrative Science

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group