dc.description.abstract | Dalam pembelajaran matematika, pemilihan bahan ajar atau media perlu diperhatikan. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan yang dilakukan terhadap guru matematika dan peserta didik di dua sekolah, yaitu MTs Negeri 2 Malang dan SMP Negeri 1 Turen, 100% guru sangat setuju dengan adanya video matematika berbasis etnomatematika sebagai fasilitas untuk mendukung proses pembelajaran di kelas, sebanyak 68,5% peserta didik menyatakan setuju dengan adanya media pembelajaran matematika seperti video yang dikaitkan dengan budaya di Kabupaten Malang pada materi bangun ruang sisi lengkung, sehingga peserta didik memiliki gambaran langsung mengenai materi bangun ruang sisi lengkung. Berdasarkkan hal tersebut, penggunaan video matematika berbasis etnomatematika dirancang dan didesain semenarik mungkin. Selain itu terdapat kompetensi (KI, KD, dan Indikator), peta konsep, materi yang dikaitkan dengan etnomatematika di Kabupaten Malang beserta contoh soal, latihan soal, dan juga uji kompetensi sehingga membuat pembelajaran matematika menjadi lebih konstektual dan mudah dipahami.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini, yaitu 1) mendiskripsikan produk pengembangan video matematika berbasis etnomatematika di Kabupaten Malang pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk peserta didik SMP/MTs kelas IX, 2) mendiskripsikan hasil pengembangan video matematika berbasis etnomatematika di Kabupaten Malang pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk peserta didik SMP/MTs kelas IX, 3) mendiskripsikan hasil uji coba produk pengembangan video matematika berbasis etnomatematika di Kabupaten Malang pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk peserta didik SMP/MTs kelas IX.
Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan 4-D yang meliputi 4 tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Subjek validasi terdiri dari ahli materi, ahli media pembelajaran, ahli desain pembelajaran, praktisi dan 20 peserta didik dari dua sekolah yang berbeda, yaitu MTs Negeri 2 Malang dan SMP Negeri 1 Turen sebagai pengguna/user. Untuk teknik analisis data diambil dari data kuantitatif dan data kualitatif. Secara umum hasil pengembangan ini berupa video matematika berbasis etnomatematika yang terdiri dari kompetensi (KI, KD, dan Indikator), peta konsep, materi beserta comtoh soal, latihan soal, dan juga uji kompetensi. Pada bagian materi terdapat sub materi, yaitu tabung, kerucut, dan bola yang dikaitkan dengan etnomatematika di Kabupaten Malang.
Berdasarkan data hasil validasi produk, penilaian produk oleh validator ahli materi memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,36, penilaian produk oleh validator ahli media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,67, penilaian produk oleh validator ahli desain pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan rata-rata skor 3,17, penilaian produk oleh validator praktisi memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,40, dan penilaian produk oleh pengguna/user memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata skor 3,67. Sehingga dapat disimpulkan bahwa video matematika berbasis etnomatematika pada materi bangun ruang sisi lengkung untuk peserta didik SMP/MTs kelas IX adalah valid dan praktis.
Kata Kunci: Pengembangan, Video Matematika, Etnomatematika di Kabupaten Malang, Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. | en_US |