Strategi Pembinaan Pendidikan Karakter Siswi Di Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Putri Ganjaran
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa relative sangat baik karna
banyak diminati oleh banyak orang, madrasah yang ada di ruang lingkup pondok
pesantren, banyak siswi yang berbeda karakter karna sudah mengumpulkan siswi
dari berbagai daerah sehingga peneliti sangat ingin tahu.
Bagaimana gambaran umum perencanaan pendidikan karakter? Penerapan
pendidikan karakter? Dan bagaimana evaluasi pendidikan karakter di Madrasah
Tsanawiyah Raudlatul Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi Malang, langkah yang
diambil oleh kepala sekolah, guru serta keluarga sekolah dalam implementasi
pendidikan karakter.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Reseach), dengan
pendekatan deskriptif kualitatif, dimana peneliti terjun langsung kelapangan untuk
mengumpulkan data secara langsung. Adapun teknik pengumpulan data yaitu
melalui wawancara, dokumentasi, dan subjek penelitian yang terlibat yaitu kepala
sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru bidang studi, wali kelas guru
bimbingan konseling, dan beberapa siswa siswi Madrasah Tsanawiyah Raudlatul
Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi Malang. Data yang diperlukan sudah terkumpul,
maka data tersebut di analisis dengan langkah-langkah reduksi kemudian
ditafsirkan secara kualitatif dan ditarik kesimpulan dengan jalan deduktif dan
induktif.
Berdasarkan hasil wawancara dan observasi peneliti kepada pihak madrasah,
bahwa strategi implementasi pendidikan karakter Madrasah Tsanawiyah Raudlatul
Ulum Putri Ganjaran Gondanglegi adalah Perencanaan pendidikan karakter siswi
Madrasah Tsanawiyah Raudlatul Ulum Putri yaitu dengan: a) mengadakan rapat
bersama staff dan guru madrasah, b) menetapkan tujuan sesuai dengan visi, misi
madrasah, c) membagi tugas untuk mengembangkan pendidikan karakter (kepala
madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, sarpras, dan semua guru), d)
penentuan nilai-nilai pendidikan seperti religius, integritas, nasionalis dan sikap
bersosial, gotong royong dimadrasah melalui KBM, dan Program-program Rutin
Sekolah. Melalui Kegiatan-kegiatan Belajar Mengajar di Madrasah Tsanawiyah
Raudlatul Ulum Putri menambakan dan mengembangkan jam pelajaran. Penerapan
pendidikan karakter di Madarasah Tsnawiyah Raudlatul Ulum dalam pendidikan
karakter melalui pembiasaan, kegiatan belajar mengajar serta dengan prakteknya,
melalui program rutin sekolah, dan melalui kegiatan tambahan ekstrakurikuker,
bisa dikatakan implementasi diterapkan melalui 2 metode yakni metode
pembiasaan dan keteladanan untuk meningkatkan akhlak siswi