“Korelasi Sarana Prasarana Dan Religiusitas Guru Dengan Kinerja Mengajar Guru Di MTs Tarbiyatut Tholabah Kranji Paciran Lamongan
Abstract
Pendidikan di MTs Tarbiyatut Tholabah berorientasi pada human capital
yang menekankan pentingnya pemanfaatan dan pengelolaan sarana prasarana dan
religiusitas sebagai bentuk perilaku guru yang mendukung kinerja mengajar guru
.Penelitian ini bertujuan ) Untuk mengetahui korelasi sarana prasarana dengan
kinerja mengajar guru. 2) Untuk mengetahui korelasi religiusitas guru dengan
kinerja mengajar guru. 3) Untuk mengetahui korelasi kompetensi sosial dan
religiusitas guru dengan kinerja mengajar guru di MTs Tarbiyatut Tholabah Kranji
Paciran Lamongan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis
penelitian korelasional. Populasi penelitian sebanyak 60 guru MTs Tarbiyatut
Tholabah Kranji Paciran Lamongan. Sampel penelitian sebanyak 60 responden.
Dikarenakan jumlah populasi kurang dari 100 maka semua populasi.Teknik
pengambilan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh atau sensus. Teknik
pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan teknik
analisis korelasi dan korelasi ganda.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa:1) Ada hubungan yang signifikan
sarana prasarana dengan kinerja mengajar guru ,hal ini dibuktikan dengan nilai r
hitung sebesar 0,964, angka ini menunjukkan hubungan yang sangat kuat dan
positif. Adapun untuk uji signifikasinya menunjukkan (0,000<0,05). Sementara
untuk mengeneralisasi keseluruh populasi diperoleh nilai r tabel = 0,254
(0,964>0,254). Sedangkan presentasenya sebesar 96,40%, sisanya 3,60%
ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian ini. 2) Ada hubungan yang signifikan
religiusitas guru dengan kinerja mengajar guru, hal ini dibuktikan dengan nilai r
hitung sebesar 0,119, angka ini menunjukkan ada hubungan yang sangat kuat dan
positif. Adapun untuk uji signifikasinya menunjukkan (0,000<0,05). Sementara
untuk mengeneralisasi keseluruh populasi diperoleh nilai r tabel = 0,254
(0,819>0,254). Sedangkan presentasenya sebesar 81,90%, sisanya 18,10%
ditentukan oleh variabel lain di luar penelitian ini. 3) Ada hubungan yang signifikan
antara sarana prasarana dan religiusitas guru dengan kinerj mengajar guru, hal ini
dibuktikan dengan nilai r hitung sebesar 0,965, angka ini menunjukkan hubungan
yang sangat kuat dan posotif. Adapun untuk uji signifikasinya menunjukkan bahwa
nilai F change lebih kecil daripada 0,05 (0,000<0,05). Sementara untuk
mengeneralisasi ke seluruh populasi diperoleh nilai r tabel = 0,254 (0,965>0,254).
Sedangkan presentasenya sebesar 96,50%, sisanya 3,50% ditentukan oleh variabel
lain di luar penelitian ini