dc.description.abstract | Bayu Rizky, 2022, Pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia (Studi Pada Mahasiswa Kampus UMM dan UNISMA Malang). Dosen Pembimbing I: Dr. Rini Rahayu Kurniati, M.Si, Dosen Pembimbing II: Dra. Ratna Nikin Hardati, M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Online Customer Review dan Online Customer Rating Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Tokopedia. Jenis penelitian yang digunkakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling yaitu purposive sampling. Total sampel yang diambil adalah 96 responden serta teknik analisis data menggunakan teknik Analisis Regresi Linier Berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) online customer review berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia yang menunjukkan nilai t hitung 2,584 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,011 < 0,05. (2) online customer rating berpengaruh parsial dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia yang menunjukkan nilai t hitung 7,158 > t tabel 1,986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. (3) Secara simultan, online customer review dan online customer rating berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia, hal ini terbukti dengan nilai uji F dengan signifikasi 0,000 lebih kecil dari 0,05, dan F hitung sebesar 91,005 > F tabel 3,09.
Kata kunci: Online Customer Review, Online Customer Rating, Keputusan Pembelian | en_US |