Show simple item record

dc.contributor.authorNursafri, Wildan Taufiqi
dc.date.accessioned2023-04-01T05:27:39Z
dc.date.available2023-04-01T05:27:39Z
dc.date.issued2023-02-02
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6972
dc.description.abstractPelayanan publik yang paling dekat dengan masyarakat yakni pelayanan dalam tingkat desa setempat. Pemerintah desa lebih paham dan mengetahui apa saja yang dibutuhkan serta keluhan masyarakat. Pelayanan publik yang efektif dan efisien menjadi pelayanan yang diinginkan oleh masyarakat. Begitu juga pelayanan di kantor Desa Kotaanyar, yang diharapkan masyarakat adalah pelayanan yang efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk melakukan penelitian dengan sasaran yang ada digali sebanyak mungkin data mengenai sasaran penelitian. Fokus penelitian berkaitan dengan efektivitas pelayanan administrsi di kantor Desa Kotaanyar dengan menggunakan indikator teori menurut Keputusan MENPAN Nomor 63 Tahun 2003 standar pelayanan yang terbagi (prosedur pelayanan, waktu pelayanan, biaya pelayanan, produk pelayanan, sarana dan prasarana, kompetensi petugas pemberi pelayanan) serta dalam faktor penghambat dan pendukung pelayanan administrasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisisnya terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil yang diperoleh pada penelitian menunjukkan bahwa kegiatan pelayanan administrasi di kantor Desa Kotaanyar berjalan belum sepenuhnya efektif berdasarkan penelitian dengan menggunakan indikator teori yang digunakan peneliti. Masih terdapat banyak kekurangan terutama pada indikator yang berhubungan dengan sumber daya manusia pemberi pelayanan. Ada beberapa poin yang perlu ditingkatkan agar, seperti penegasan mengenai peraturan disiplin waktu bagi para perangkat desa, penegasan mengenai hukum atau sanksi jika terdapat pungli dalam pelayanan administrasi, serta menyediakan dan memperbaiki fasilitas yang yang kurang, dan menyediakan sosialisasi mengenai proses atau prosedur pelayanan dengan menggunakan banner atau gambar. Kata Kunci : Efektivitas, Pelayanan Publik, Administrasi Desaen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektivitasen_US
dc.subjectPelayanan Publiken_US
dc.subjectAdministrasi Desaen_US
dc.titleEfektivitas Pelayanan Administrasi pada Kantor Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar (Studi Kasus Desa Kotaanyar Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record