Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen UMKM Spicypedia)

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Maulinda, Imelda
dc.date.accessioned 2023-04-01T05:27:45Z
dc.date.available 2023-04-01T05:27:45Z
dc.date.issued 2023-02-13
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/6973
dc.description.abstract Penelitian ini dibuat dengan tujuan pertama yakni untuk memenuhi salah satu persyaratan kelulusan, dan yang kedua yakni untuk mengetahui bagaimana pengaruh dan seberapa besar pengaruh dua variabel penelitian yakni Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Spicypedia dan untuk mengetahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan penilaian kuesioner dan observasi. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 90 responden yang diolah menggunakan software IBM SPSS Statistik 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel penelitian yakni Citra Merek dan Electronic Word Of Mouth (E-WOM) berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian secara parsial. Hasil tersebut dilihat dengan ketentuan pengaruh signifikansi yang sudah diuji dengan SPSS yang menunjukkan masing-masing angka pada variabel berikut: taraf signifikansi t pada citra merek yang menunjukkan angka taraf signifikan 0.000 < 0.05 dan thitung > ttabel yaitu 4.404 > 1.988 yang artinya Ha diterima Ho ditolak, taraf signifikansi t pada electronic word of mouth (e-wom) yang menunjukkan angka taraf signifikan 0.020 < 0.05 dan thitung > ttabel 2.365 > 1.988 yang artinya Ha diterima Ho ditolak. Kemudian pengujian secara simultan yang dapat dilihat dari nilai F variabel citra merek, dan electronic word of mouth (e-wom) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian yakni hasil Uji F diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 17.084 > 3.10 dan Sig. F 0.000 < 0.05. Uji koefisien determinasi (Adjusted R Square) bahwa variabel terikat keputusan pembelian (Y) mampu dijelaskan 58,4% oleh variabel citra merek (X1), dan electronic word of mouth (X2). Sedangkan sisanya 41,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh dominan adalah citra merek ditunjukkan dengan nilai koefisien beta paling besar yaitu 0.419. Kata Kunci: Citra Merek, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Keputusan Pembelian en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Citra Merek en_US
dc.subject Electronic Word Of Mouth (E-WOM) en_US
dc.subject Keputusan Pembelian en_US
dc.title Pengaruh Citra Merek dan Electronic Word of Mouth (E-Wom) Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Konsumen UMKM Spicypedia) en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account