Analisis Pengaruh Video Marketing Dan User Generated Content Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Awareness Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Wisata Kuliner Jamjamyeon Di Kabupaten Sumenep)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan Digital
Marketing pada usaha Jamjamyeon, yakni dengan menganalisis
pengaruh Video Marketing dan User Generated Content terhadap
Purchase Intention baik secara langsung maupun tidak langsung melalui
Brand Awareness sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian
ini ditetukan dengan teknik purposive sampling, dengan kriteria
responden yang memiliki smartphone atau pengguna media sosial dan
responden yang pernah melihat promosi tentang Jamjamyeon baik
melalui media sosial atau media lainya. Jenis data dalam penelitian ini
ialah data primer dengan skala guttman. Adapun teknik pengumpulan
data menggunakan kuesioner dan metode analisis data yang digunaka
dalam penelitian ini adalah medote Partial Least Square (PLS). Hasil
penelitian menunjukkan bahwa Video Marketing tidak berpengaruh
terhadap Purchase Intention, tetapi Video Marketing berpengaruh
terhadap Brand Awareness. Sedangkan User Generated Content tidak
berpengaruh terhadap Purchase Intention dan Brand Awareness.
Adapun pengaruh secara tidak langsung, Brand Awareness tidak
mampu memediasi pengaruh Video Marketing dan User Generated
Content terhadap Purchase Intention.