Implementasi Pembelajaran E-Learning pada Mata Pelajarang Aqidah Akhlak di MAN Kota Batu
Abstract
Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif dapat mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya serta masyarakat. Dengan adanya Pendidikan manusia akan bisa menjadi manusia yang berkualitas, berintelektual dan jauh dari kata kebodohan. Tanpa Pendidikan, manusia ibarat layangan putus yang tak tau arah tujuan. Itulah mengapa Pendidikan menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan adanya teknologi yang sudah tersebar luar dikalangan manusia, manusia dapat mengubah pemikirannya, cara kerja dan cara hidupnya. Demikian juga, Pendidikan tidak bisa terlepas dari pengaruh yang ditimbulkan oleh perkembangan teknologi. Fenomena ini juga dapat kita klasifikasikan sebagai bentuk dari kemajuan ilmu pengetahuan teknologi, informasi dan komunikasi. Pembelajaran berbasis internet yang digunakan yakni e-learning ternyata sangat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan Pendidikan, terutama di era pandemi yang tetap harus berjalan sebagaimana mestinya menjadi terkendala dengan adanya aturan social distancing atau jaga jarak yang mengharuskan pembelajaran yang asalnya tatap muka menjadi pembelajaran dari rumah. Sekolah yang biasa aktif dalam menerapkan system pembelajarannya menjadi diliburkan. Namun, Ketika sekolah diliburkan bukan berarti proses pembelajarannya juga ikut diliburkan. Maka dengan adanya e-learning, kini proses pembelajaran tetap bisa dilaksanakan meskipun pelaksanaannya berada dirumah masing-masing. Penelitian ini merupakan penelitian yang terkait dengan Implementasi pembelajaran e-learning ada mata pelajaran aqidah akhlak. Fokus penelitian yang akan peneliti bahas yaitu: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu. 2) Bagaimana penerapan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu. Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu. 2) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu. 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu.
Metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif pengumpulan data menggunakan observasi kegiatan pembelajaran di MAN Kota Batu, wawancara dengan kepala sekolah, guru pendidikan agama islam, murid, serta dokumentasi yang mencakup data-data dari sekolah. Adapun teknik analisis datanya menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu guru melakukan analisis terhada siswa terlebih dahulu, mengadakan sosialisasi, menyiakan RPP, menyiakan bahan ajar dan membuat perencanaan penguatan. Untuk penerapan pembelajaran elearning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu guru menginstruksikan siswa untuk mengakses aplikasi e-learning pada perangkat masing-masing lalu kemudian memonitoring siswa melalui e-learning. Sedangkan untuk evaluasi pembelajaran e-learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di MAN Kota Batu guru melakukan penilaian keterampilan melalui tugas dan quiz dan penilaian sikap melalui keaktifan siswa dan kedisiplinan di kelas.
Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, E-Learning, Aqidah Akhlak