Show simple item record

dc.contributor.authorNisrina, Nafi’atun
dc.date.accessioned2023-05-06T01:11:34Z
dc.date.available2023-05-06T01:11:34Z
dc.date.issued2023-02-17
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7134
dc.description.abstractDalam pembelajaran matematika, pemahaman akan adanya konsep pada setiap materi yang diajarkan merupakan kunci yang paling utama. Hal itu terjadi karena konsep yang terdapat pada pembelajaran matematika akan terus berkaitan antara konsep satu dengan yang lainnya, sehingga pengerjaanya sendiri juga harus teratur. Beberapa data penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dapat meningkat dengan mengidentifikasi indikator-indikator pemahaman konsep matematika. Dari studi pendahuluan yang dilakukan pada MTs TMI Pujon kelas VIII A, masih banyak peserta didik yang merasa kesulitan dalam memahami konsep pada materi relasi dan fungsi. Hal ini terlihat dari peserta didik yang merasa kesulitan dalam mencari cara yang tepat untuk menjawab soal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII MTs TMI Pujon pada materi relasi dan fungsi berdasarkan teori APOS. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MTs TMI Pujon. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, dan wawancara. Subjek penelitian terdiri dari enam siswa kelas VIII A dengan kategori dua orang dengan kemampuan pemahaman konsep tinggi, dua orang dengan kemampuan pemahaman konsep sedang dan dua orang dengan kemampuan pemahaman konsep rendah. Keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi teknik, yaitu dengan membandingkan hasil tes dan wawancara pada sumber yang sama. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut peserta didik dalam memahami suatu konsep yang terdapat pada materi relasi fungsi memiliki tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Peserta didik dengan kamampuan pemahaman konsep matematika kategori tinggi memenuhi indikator action, process, object, dan scheme. Peserta didik dengan kemapuan pemahaman konsep matematika kategori sedang memenuhi indikator action, process, dan object. Peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep matematika kategori rendah memenuhi indikator action dan process. Kata Kunci: Kemampuan Pemahaman Konsep, Teori APOS, Materi Relasi dan Fungsi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectKeguruan dan Ilmu Pendidikanen_US
dc.subjectPendidikan Matematikaen_US
dc.subjectKemampuan Pemahaman Konsepen_US
dc.subjectTeori APOSen_US
dc.subjectMateri Relasi dan Fungsien_US
dc.titleAnalisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik Kelas VIII MTs TMI Pujon Materi Relasi dan Fungsi Berdasarkan Teori APOSen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record