Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII H di SMP Negeri 2 Talun
Abstract
Keterampilan menulis adalah suatu hal yang memang perlu dipelajari, karena keterampilan menulis merupakan salah satu modal utama bagi siswa untuk menyampaikan pesan yang diterima atau dipahami dalam bentuk tulisan. Keterampilan menulis juga dipakai pada proses belajar mengajar di dunia pendidikan yakni pada materi menulis teks berita Namun didalam pembelajaran, tidak hanya penguasaan keterampilan menulis yang dibutuhkan. Melainkan membutuhkan media yang cocok sebagai alat untuk menyampaikan materi pelajaran. Oleh karena itu media pembelajaran adalah hal penting yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat membuat siswa lebih semangat, aktif dan pembelajaran lebih terlihat kondusif. Media pembelajaran yang butuhkan di era ini adalah media audio visual video. Media audio visual video adalah media gambar yang bergerak dan bersuara.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita pada siswa di SMP Negeri 2 Talun dan memiliki tiga fokus penelitian yakni 1) bagaimana perencanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, 2) bagaimana pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, 3) bagaimana evaluasi penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita. Dengan rumusan masalah tersebut peneliti memiliki tujuan yakni 1) mendeskripsikan perencanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, 2) mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, 3) mendeskripsikan evaluasi penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu metode yang melibatkan penelitian secara langsung untuk mengamati objek yang sedang diteliti. Pendeketan yang digunakan penelitian ini yakni pendekatan kualitatif, karena dalam proses penelitian ini memperoleh data yang mendalam dari orang-orang yang diamati, baik secara lisan maupun tulis. Setelah data terkumpul dari hasil pengamatan dideskripsikan dalam bentuk kata-kata. Dalam penelitian ini ada tiga proses pengumpulan data yakni wawancara, observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan di SMP Negeri 2 Talun kelas VIII H menunjukkan bahwa pada tahap awal perencanaan penggunaan media audio dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita. Terdapat perencanaan pembelajaran meliputi penyiapan silabus, pembuatan RPP, bahan ajar, LKPD, dan penyiapan media audio visual yang digunakan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia. Sebelum penyusunan perencanaan pembelajaran terlebih dahulu mengidentifikasi permasalahan yang dialami siswa dalam pembelajaran khususnya materi menulis teks berita. Identifikasi masalah didapat dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti. Selain itu ada beberapa rencana aksi yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Ada tiga tahap rencana aksi yang disusun oleh guru yakni tahap pendahuluan, inti dan penutup.
Selanjutnya berdasarkan hasil observasi. Ada beberapa kegiatan awal yang dilakukan oleh guru pada tahap pelaksanaan penggunaan media audio visual dalam pembelajaran menulis teks berita. Kegiatan pembelajaran diawali dengan mengucapkan salam yang dijawab oleh siswa. Kemudian dilanjut dengan berdoa terlebih dahulu. Kemudian guru menyampaikan KD, IPK dan tujuan pembelajaran setelah itu guru memberikan apersepsi berupa tanya jawab dengan siswa yang kemudian dikaitkan dengan materi pembelajaran. Setelah itu dilanjut dengan guru menyampaikan materi sebagai pemahaman awal bagi siswa melalui PPT dan disambung dengan penayangan video mengenai tayangan berita dan cara menulis teks berita. Setelah itu guru memberikan tugas kelompok kepada siswa. Setelah tugas selesai dikerjakan siswa diminta mempresentasikan hasil tugas yang telah dikerjakan. Setelah itu tugas dikumpulkan ke guru. Kemudian guru dan siswa mengakhiri pembelajaran dengan menjawab salam dari guru disertai doa akhir pembelajaran.
Pada tahap evaluasi penggunaan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan menulis teks berita, untuk mengetahui keberhasilan dalam pembelajaran bahasa indonesia dengan menggunakan media audio visual. Guru mengadakan evaluasi pembelajaran. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan pada satu tahap yakni pada akhir pembelajaran Bahasa Indoensia. Evaluasi itu terdiri dari penilaian hasil belajar, remidial dan pengayaan. Untuk penilaian hasil belajar guru melakukan penilaian terhadap tiga aspek, yakni aspek sikap, pengetahuan dan aspek keterampilan.
Kata Kunci : Penggunaan, Media Audio Visual Pembelajaran, Menulis Teks Berita