Pengaruh Customer Review, Customer Rating, Dan Celebrity Endorser Terhadap Minat Beli Melalui Kepercayaan Di Online Shop Shopee (Studi Kasus Pada Konsumen Shopee Dikota Malang)
Abstract
Shopee merupakan marketplace nomer 1 di Indonesia dalam hal
penggunaanya akan tetatpi akhir-akhir ini Shopee tidak lagi berada diposisi
tersebut. Hal ini yang membuat peneliti ingin mengamati permasalahan
tersebut olehkarena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan
menganalisis bagaimana pengaruh Customer Review, Customer Rating
dan Celebrity Endorser terhadap Minat beli melalui kepercayan sebagai
variabel intervening pada Online Shop Shopee. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian Explanatory Research.
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen Shopee di kota Malang
dengan sampel sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah non probability sampling dengan metode pengambilan
sampel secara Purposive Sampling. Menggunakan sumber data primer dan
data sekunder. Dengan metode pengumpulan data menggunakan
kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Partial Least Square
(PLS) dan uji hipotesis menggunakan software SmartPLS versi 4.0.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Customer Review berpengaruh
positif namun tidak signifikan terhadap Kepercayaan (2) Customer Rating
dan Celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap
Kepercayaan (3) Customer Review berpengaruh positif namun tidak
signifikan Minat beli (4) Customer Rating dan Celebrity endorser
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli (5) Kepercayaan
berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat beli. (6) Customer Review
berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Minat beli melalui
Kepercayaan (7) Customer Rating dan Celebrity endorser berpengaruh
positif dan signifikan terhadap Minat beli melalui Kepercayaan.