Pengaruh Literasi Keuangan, Akses Permodalan, dan Minat Menggunakan E-Commerce Terhadap Kinerja UMKM (Studi pada Pelaku UMKM di Kota Kediri)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi keuangan, akses permodalan dan minat menggunakan e-commerce terhadap kinerja UMKM di Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi dan UMKM Kota Kediri dan sampel dalam penelitian ini adalah 75 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden melalui Google Form dan diukur dengan menggunakan skala Likert 5. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM, (2) akses permodalan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM dan (3) minat menggunakan e-commerce berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap kinerja UMKM.
kata kunci: Kinerja UMKM, Literasi Keuangan, Akses Permodalan, E-commerce