Implementasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Pembelajaran Tematik Kelas I MI Hidayatul Mubtadi'in Tasikmadu Kecamatan Lowokwaru Kota Malang
Abstract
Pendidikan adalah sebuah sistem yang sangat amat penting dalam
kehidupan manusia. Dengan adanya pendidikan, maka kualitas hidup manusia
akan berkembang dan terus meningkat. Tanpa adanya pendidikan maka manusia
tidak akan bisa mengembangkan pemikiran mereka, tidak bisa mengetahui adanya
informasi-informasi, dan kualitas hidup mereka tidak akan pernah maju.
Berdasarkan observasi awal menunjukkan bahwa dalam praktiknya,
Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu menanamkan pendidikan
berkarakter ahlussunnah Wal Jamaah (ASWAJA) dalam pembelajaran terutama
dalam pembelajaran tematik. Setiap pagi sebelum kegiatan pembelajaran tematik
dimulai para peserta didik selalu membaca doa dan membaca satu surat pendek
yang ada di juz 30. Saat proses pembelajaran berlangsung, peserta didik selalu
menghargai antara satu teman dengan teman yang lainnya saat kegiatan
pembelajaran tematik berlangsung. Guru juga berperilaku adil ketika berada di
dalam kelas, contohnya seperti tidak membeda-bedakan antara peserta didik yang
pintar dengan peserta didik yang kurang pintar agar supaya proses pembelajaran
akan berlangsung secara efektik.
Perilaku peserta didik di luar kelas juga ditekankan oleh guru agar sesuai
dengan nilai- nilai aswaja seperti halnya kegiatan pembiasaan sholat dhuha ketika
jam pertama berlangsung. Kemudian pembiasaan istighosah ketika hari Jumat
pagi. Kemudian sholat dhuhur berjama’ah dan yang terakhir adalah pembiasaan
pembelajaran Al-qur’an yang mana ini dilakukan mulai kelas 1 sampai dengan
kealas 6 yang bertujuan agar supaya peserta didik terbiasa untuk membaca Alqur’an sehingga akan melatih cara membaca al-qur’an yang baik dan lancar.
Dari latar belakang penelitian diatas maka peneliti merumuskan masalah,
yakni perencanaan penerapan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran tematik
kelas 1 MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu, implementasi nilai-nilai aswaja
dalam pembelajaran tematik kelas 1 MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu dan
evaluasi penerapan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran tematik kelas 1 MI
Hidayatul Mubtadi’in..
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan
perencanaan penerapan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran tematik kelas 1
MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu, menganalisis implementasi nilai-nilai
aswaja dalam pembelajaran tematik kelas 1 MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu
dan menganalisis evaluasi penerapan nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran
tematik kelas 1 MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu.
vii
Untuk mencapai tujuan tersebut diatas penelitian dilakukan dengan
menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan dengan jenis penelitian
deskriptif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode
observasi yaitu suatu pengamatan dengan sistematis terhadap fenomena yang
diamati atau dikaji, wawancara adalah teknik pengumpulan data untuk
menemukan permasalahan yang harus diteliti, dan untuk mengetahui hal-hal dari
responden yang lebih mendalam, dan teknik dokumentasi adalah pencarian data
mengenai hal-hal yang berupa catatan, buku, transkip, notulen rapat dan
sebagainya pada objek peneltian.
Dalam penelitin ini, perencanaan penerapan nilai-nilai aswaja dalam
pembelajaran tematik kelas 1 dengan menentukan KD setiap tema, kemudian
membuat sebuah RPP. RPP harus secara utuh memuat kompetensi dasar sikap
spiritual (KD dari KI-1), sosial (KD dari KI-2), pengetahuan (KD dari KI-3), dan
keterampilan (KD dari KI-4). KD dan RPP sangatlah penting dipersiapakan
dalam merencanakan sebuah pembelajaran karena KD dan RPP tersebut
merupakan komponen utama dalam keberhasilan sebuah pembelajaran.
Berdasarkan usaha-usaha didapatkan hasil temuan penelitian bahwasanya
Implementasi nilai-nilai aswaja dalam pembelajaran tematik sudah
tercerminakan pada pembelajaran tematik kelas 1 di MI Hidayatul Mubtadi’in
Tasikmadu, mulai dari Sikap Tawasut dan I’tidal, Sikap Tasamuh, Sikap
Tawazun dan Amr bi al-Ma’ruf wa Nahy’an al-Munkar. Dalam
pengimplementasian nilai-nilai aswaja ada beberapa langkah pembelajaran yaitu
kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Implementasi nilai-nilai
aswaja di MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu diterapkan melalui kegiatan
akademik maupun non akademik.
Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa evaluasi implementasi
nilai-nilai aswaja di MI Hidayatul Mubtadi’in dilakukan dengan melakukan
penilaian , mulai dari penilaian tes maupun non tes. Penilaian tes yang dilakukan
oleh guru kelas 1 MI Hidayatul Mubtadi’in Tasikmadu yaitu dengan penilaian
pengetahuan (kognitif) dan keterampilan (psikomotorik). Penilaian non tes di MI
Hidayatul MKata Kuci: Implementasi Nilai-nilai Aswaja, Pembelajaran Tematik.
ubtadi’in Tasikmadu yaitu penilaian sikap (afektif).