Studi Evaluasi Tebal Perkerasan Lentur Menggunakan Metode Bina Marga 2017 dan Analisis Menggunakan Program Kenpave pada Ruas Jalan Nasional Cirebon – Losari
Abstract
Jalan nasional Cirebon – Losari Kabupaten Cirebon, jalan ini mempunyai fungsi sebagai jalan arteri, dengan panjang jalan ± 27 km dan lebar 9 m. Secara umum jalan ini sebagian besar dalam kondisi mulus, namun dibeberapa titik juga ditemukan beberapa kerusakan Seperti kerusakan Berlubang, Bergelombang, Retak halus dan lain-lain. Untuk meningkatkan kualitas jalan, diperlukan peningkatan dan pengembangan kinerja jalan. Penelitian bertujuan untuk mendesain ulang tebal perkerasan lentur pada Jalan Nasional Kabupaten Cirebon. Serta melakukan perencanaan saluran drainase yang baik sehingga tidak mempengaruhi struktur perkerasan.
Penelitian ini menggunakan metode Bina Marga 2017 untuk menrencanakan tebal perkerasan. Serta di analisis menggunakan program Kenpave untuk memperoleh hasil struktural pada perkerasan tersebut. Dan melakukan perencanaan saluran drainase.
Hasil dari penilitian menggunakan metode bina marga di dapatkan hasil Lapis permukaan AC-WC = 4 cm, Lapis bawah lapisan atas AC-BC = 6 cm, Lapis pondasi AC Base = 18 cm dan Lapis pondasi agregat kelas A dengan = 15 cm. Dari hasil analisis menggunakan program kenpave di dapat nilai tegangan dan regangan sebesar kerusakan fatigue cracking = 0,0002020 (kedalaman 9,9997 cm), kerusakan rutting = 0,0002601 (kedalaman 54,0003 cm), kerusakan permanent deformation = 0,0002590 (kedalaman 54,0003 cm). Serta perencanaan drainase hasil yang di dapatkan yaitu menggunakan saluran terbuka dengan penampang berbentuk persegi panjang dan diperoleh dimensi h=50, cm b=60 cm, dan H=75 cm.
Kata Kunci: Tebal Perkerasan Lentur, Bina Marga 2017, Kenpave.