Pengembangan Multiple Intellegences melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang

Show simple item record

dc.contributor.author Khuzludani, Irsyadila
dc.date.accessioned 2020-12-04T04:06:17Z
dc.date.available 2020-12-04T04:06:17Z
dc.date.issued 2020-06-26
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/743
dc.description.abstract Howard Gardner adalah pencetus teori multiple intelligences, yaitu teori yang menyatakan bahwa kecerdasan tidak hanya diukur dengan IQ, namun kecerdasan ialah suatu kemampuan seseorang dalam memecahkan suatu permasalahan dan juga dapat menciptakan sebuah produk/karya. Kecerdasan menurut Gardner terbagi menjadi 9 jenis, yaitu kecerdasan visual-spasial, kecerdasan bahasa, kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan musik, kecerdasan gerak-badani, kecerdasan logis matematis, kecerdasan naturalis dan kecerdasan eksistensial. Kegiatan Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang dilakukan diluar pembelajaran formal di dalam kelas. Kegiatan ini diadakan MI Khadijah untuk menunjang bakat dan minat siswa, serta mengembangkan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) yang dimiliki siswa MI Khadijah. Ada 12 ekstrakulikuler di MI Khadijah yaitu pramuka, tapak suci, tenis meja, catur, renang, olimpiade matematika, olimpiade IPA, membatik, melukis/menggambar, seni vokal, tari, qiroah (seni baca Alquran). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pengembangan multiple intelligences melalui kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu proses yang terjadi di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: Reduksi Data (Data Reduction), Penyajian Data (Data Display) dan Verifikasi (Conclusion Drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah sesuai dengan karakteristik jenis ekstrakuliker tersebut. Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler merupakan pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences) siswa MI Khadijah. Kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah juga menjadi suatu wadah dalam mengembangkan bakat dan minat siswa. Siswa yang telah memiliki potensi dalam kecerdasan majemuk (multiple intelligences) akan dapat memecahkan sebuah permasalahan dan dapat menghasilkan sebuah karya. Prestasi siswa MI Khadijah yang berkaitan dengan kegiatan ekstrakulikuler juga termasuk dalam hasil pengembangan kecerdasan majemuk (multiple intelligences). Kendala pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler di MI Khadijah yang berkaitan dengan kecerdasan majemuk ialah lemahnya siswa dalam kecerdasan interpersonal, kecerdasan intrapersonal, kecerdasan bahasa, kecerdasan naturalis dan kecerdasan logis-matematis. Kata Kunci : Multiple Intelligences, Kegiatan Ekstrakulikuler, MI Khadijah en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Multiple Intelligences en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Kegiatan Ekstrakurikuler en_US
dc.title Pengembangan Multiple Intellegences melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Madrasah Ibtidaiyah Khadijah Malang en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account