Show simple item record

dc.contributor.authorJayanti, Risky Dwi
dc.date.accessioned2023-06-22T04:07:36Z
dc.date.available2023-06-22T04:07:36Z
dc.date.issued2023-03-18
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7456
dc.description.abstractPerkembangan tingkat persaingan yang semakin tinggi membuat Puskesmas semakin sadar akan pentingnya memberikan efektifitas pelayanan yang terbaik kepada pasiennya. Mutu pelayanan kesehatan mengacu pada tingkat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang di satu sisi dapat menimbulkan kepuasan bagi setiap pasien. Namun, terdapat juga problematika secara teoritis di mana pihak Puskesmas tidak mampu mewujudkan kepuasan pasien. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis efektifitas pelayanan kesehatan di Puskesmas serta mengetahui faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelayanan di Puskesmas. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara mendalam serta observasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Cresswell yang terdiri dari reduksi data dengan tujuan agar sesuai dengan kebutuhan penelitian, kemudian dilakukan penyajian data untuk menampilkan hasil penelitian, dan penarikan kesimpulan. Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa pelayanan Puskesmas Wagir melakukan pelayanan kesehatan dasar seperti pada umumnya, efektifitas pelayanan Puskesmas Wagir berdasarkan hasil penelitian yang didapatkan ada beberapa respon yang positif dan juga negatif. Pelayanan yang mendapatkan respon positif untuk pelayanan kesehatan di Puskesmas Wagir yaitu pelayanan kesehatan ibu dan anak, pelayanan kesehatan umum, pelayanan gizi dan juga pelayanan laboratorium. Sementara untuk beberapa pelayanan seperti pelayanan kesehatan ibu dan KB, pelayanan kesehatan gigi dan mulut masih mendapat respon yang negatif atau kurang baik oleh masyarakat dan masih kurang efektif dikarenakan pelayanan yang diberikan oleh petugas kesehatan dalam hal ini adalah perawatnya kurang memuaskan bagi masyarakat yang melakukan pemeriksaan di Puskesmas Wagir. Faktor pendukung bagi terselenggaranya pelayanan di Puskesmas Wagir yaitu Puskesmas Wagir memiliki fasilitas yang lengkap dan memadai, sarana dan prasarana yang juga memadai serta memiliki pelayanan terbaik di setiap lini di Puskesmas Wagir. Selain itu kerjasama yang baik antar semua pegawai baik tenaga kesehatan dan juga tenaga non kesehatan menjadi salah satu hal yang juga mendukung terlenggaranya pelayanan yang baik di Puskesmas Wagir. Selain faktor pendukung, terdapat faktor penghambat pelayanan di Puskesmas Wagir. Faktor penghambat tersebut adalah kurangnya tempat tunggu bagi pasien, waktu pelayanan yang lama di loket pendaftaran serta tidak adanya alur pendaftaran yang yang jelas. Kata kunci: Efektifitas, Pelayanan Kesehatan, Puskesmasen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectEfektifitasen_US
dc.subjectPelayanan Kesehatanen_US
dc.subjectPuskesmasen_US
dc.titleEfektifitas Pelayanan Kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Wagir Kabupaten Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record