Pengaruh Pengetahuan, Lingkungan Sosial, dan Ketersediaan Fasilitas Terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa di Pasar Modal (Studi Kasus pada Mahasiswa FEB dan FIA Universitas Islam Malang Angkatan 2019)
Abstract
Saat pandemi covid-19 investor lokal meningkat secara drastis. Di Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat bahwa investor sampai bulan Juni 2022 didominasi oleh millenial dan gen z. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia mulai sadar akan pentingnya berinvestasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa FEB dan FIA Unisma. Penelitian ini menggunakan theory of planned behavior karena teori tersebut menjelaskan tentang niat seseorang untuk melakukan sesuatu. Metode penelitian yang diterapkan yaitu analisis regresi linier berganda. Simpulan dari penelitian ini yaitu variabel pengetahuan, lingkungan sosial, dan fasilitas berpengaruh simultan terhadap minat investasi, dan masing-masing berpengaruh secara parsial pada minat investasi. Bagi peneliti selanjutnya bisa menambahkan variabel lain yang belum diteliti, seperti modal minimal, return, risiko, pemahaman literasi keuangan, dll.
Kata Kunci : pengetahuan, lingkungan sosial, fasilitas, minat, investasi, pasar modal