Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial, Pendidikan Kewirausahaan dan Pengetahuan Akuntansi Terhadap Minat Mahasiswa Berwirausaha (Studi Kasus Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Mahasiswa Prodi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang)
Abstract
Minat berwirausaha merupakan keinginan, ketertarikan, serta kesediaan individu untuk bekerja keras dalam memenuhi kebutuhan hidupnya dan menjalankan usahanya sendiri tanpa takut dengan risiko yang akan terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan media sosial, pendidikan kewirausahaan dan pengetahuan akuntansi terhadap minat mahasiswa berwirausaha baik secara simultan dan parsial. Metode penelitian menggunakan metode korelasional dengan pendekatan kuantitaif. Data yang digunakan yaitu data primer dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa akuntansi dan administrasi bisnis angkatan 2019 - 2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis dan Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Islam Malang, dan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, data yang diperoleh sebanyak 90 responden. Analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Sedangkan pengolahan data menggunakan IBM SPSS 26. Hasil analisis menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha, pendidikan kewirausahaan tidak berpengaruh terhadap minat mahasiswa berwirausaha dan pengetahuan akuntansi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa berwirausaha.
Kata Kunci: Pemanfaatan Media Sosial, Pendidikan Kewirausahaan, Pengetahuan Akuntansi dan Minat Mahasiswa Berwirausaha