Pengaruh Pemahaman Akuntansi, Modal Usaha, Kreativitas, dan Pemanfaatan Media Sosial Terhadap Keberlanjutan UMKM di Kota Malang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemahaman akuntansi, modal usaha, kreativitas, dan pemanfaatan media sosial terhadap keberlanjutan UMKM di Kota Malang. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pemahaman akuntansi, modal usaha, kreativitas, dan pemanfaatan media sosial, sedangkan variabel dependennya adalah keberlanjutan UMKM di Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, karena data yang digunakan berupa angka dan bilangan. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini yaitu pelaku UMKM yang terdaftar di Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan Kota Malang. Teknik pengambilan datanya menggunakan rumus slovin. Berdasarkan metode tersebut jumlah pelaku UMKM yang digunakan ada 90 responden. Hipotesis yang diuji menggunakan analisis statistic deskriptif, uji instrument, uji normalitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis menggunakan alat bantu SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemahaman akuntansi tidak berpengaruh terhadap keberlanjutan UMKM , sedangkan variabel modal usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM , sedangkan variabel kreativitas tidak berpengaruh terhadap keberlanjutan UMKM dan variabel pemanfaatan media sosial berpengaruh dan signifikan terhadap keberlanjutan UMKM .
Kata Kunci: Pemahaman Akuntansi, Modal Usaha, Kreativitas, Pemanfaatan Media Sosial, Keberlanjutan UMKM