Internalisasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Bidang Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Karangploso
Abstract
Internalisasi nilai-nilai kedisiplinan siswa yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam sangat dibutuhkan dalam mendisiplinkan siswa, agar dapat terpenuhi proses pembelajaran yang berkualitas, dan mutu sekolah dapat meningkat.
Skripsi ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui tentang Internalisasi Nilai-Nilai Kedisiplinan Siswa Bidang Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 5 Karangploso.
Dalam proses internalisasi yang berkaitan terdapat pembinaan pada siswa yang meliputi: tahap tarnsformasi nilai, tahap transaksi nilai dan tahap transisternalisasi nilai. Pada tahap internalisasi memiliki langkah-langkah meliputi: menyimak, responding, organization characterization.
Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Karena peneliti ingin melakukan penelitian secara mendalam melalui pencarian data kepada subyek atau informasi sehingga peneliti dapat menggambarkan keadaan dengan jelas mengenai internalisasi nilai-nilai kedisiplinan siswa bidang pembelajaran di SMP Negeri 5 Karangploso. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah studi kasus dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder.Teknik dalam pengumpulan data penelitian ini meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan dengan menggunakan data condensasion (kondensasi data), data display (penyajian data), dan verivication data (penarikan data). Pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan dan tringulasi.
Perencanaan yang dilakukan oleh guru PAI dalam menginternalisasikan nilai-nilai kedisiplinan siswa bidang pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 5 Karangploso dilakukan adanya perencanaan sebelum memulai ajaran baru dengan program capaian pembelajaran, rpp, absensi kelas dan absensi kegiatan kegamaan, buku tatib, dan program rencana penilaian (kurtilas). Nilai-kedisiplinan siswa yang diinternalisasikan guru PAI adalah nilai akhlak, karakter, dan keagamaan. Guru PAI melakukan evaluasi siswa diakhir pembelajaran, program evaluasi bersama dan merakap program penilaian yang direncanakan di awal semester.
Kata Kunci : Internalisasi, Nilai-Nilai Kedisiplinan.