Implementasi Metode Demonstrasi pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 15 Malang

Dalam rangka peningkatan layanan dan perbaikan sistem, mohon maaf untuk sementara waktu Repositori UNISMA tidak dapat diakses secara optimal.

Show simple item record

dc.contributor.author Pratama, Raga Arya
dc.date.accessioned 2023-07-24T08:16:32Z
dc.date.available 2023-07-24T08:16:32Z
dc.date.issued 2023-07-09
dc.identifier.uri http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7580
dc.description.abstract Implementasi yang dilakukan oleh seorang guru harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Implementasi harus direlevansikan dengan materi pembelajaran, oleh karena itu dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan guru mempunyai peran penting dalam mengelola pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI adalah metode demonstrasi, metode demonstrasi merupakan proses seseorang menjelaskan serta memperagakan sesuatu, sehingga dapat melihat, mengamati, mendengar, dan merasakan proses yang ditunjukkan seseorang dengan mudah. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan, memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan atau pengarahan dengan baik. Salah satu metode yang digunakan guru PAI di SMP Negeri 15 Malang dalam pembelajaran PAI adalah metode demonstrasi. Dari konteks penelitian di atas, fokus dari penelitian ini adalah tentang bagaimana perencanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, bagaimana pelakasanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, dan bagaimana evaluasi metode demonstarasi dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, dan mengetahui evaluasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 15 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang menggunkan metode pengumpulaan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merencanakan metode demonstrasi pada pembelajaran dapat memperjelas tujuan yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran dengan terstruktur. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi guru menjelaskan materi solat dengan bacaan dan gerakan guna untuk dituru, memperkuat pemahaman siswa dan meningkatkan daya berpikir siswa. Dalam evaluasi metode demonstrasi guru memperkuat siswa dalam pemahamannya baik dari segi keterampilan, sikap dan pengetahuan guna untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Implementasi, Metode Demonstrasi, Pendidikan Agama Islam en_US
dc.language.iso other en_US
dc.publisher Universitas Islam Malang en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Metode Demonstrasi en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Implementasi Metode Demonstrasi pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 15 Malang en_US
dc.type Other en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Kolom Pencarian


Browse

My Account