Show simple item record

dc.contributor.authorPratama, Raga Arya
dc.date.accessioned2023-07-24T08:16:32Z
dc.date.available2023-07-24T08:16:32Z
dc.date.issued2023-07-09
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7580
dc.description.abstractImplementasi yang dilakukan oleh seorang guru harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Implementasi harus direlevansikan dengan materi pembelajaran, oleh karena itu dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan guru mempunyai peran penting dalam mengelola pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI adalah metode demonstrasi, metode demonstrasi merupakan proses seseorang menjelaskan serta memperagakan sesuatu, sehingga dapat melihat, mengamati, mendengar, dan merasakan proses yang ditunjukkan seseorang dengan mudah. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan, memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan atau pengarahan dengan baik. Salah satu metode yang digunakan guru PAI di SMP Negeri 15 Malang dalam pembelajaran PAI adalah metode demonstrasi. Dari konteks penelitian di atas, fokus dari penelitian ini adalah tentang bagaimana perencanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, bagaimana pelakasanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, dan bagaimana evaluasi metode demonstarasi dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, dan mengetahui evaluasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 15 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang menggunkan metode pengumpulaan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merencanakan metode demonstrasi pada pembelajaran dapat memperjelas tujuan yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran dengan terstruktur. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi guru menjelaskan materi solat dengan bacaan dan gerakan guna untuk dituru, memperkuat pemahaman siswa dan meningkatkan daya berpikir siswa. Dalam evaluasi metode demonstrasi guru memperkuat siswa dalam pemahamannya baik dari segi keterampilan, sikap dan pengetahuan guna untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Implementasi, Metode Demonstrasi, Pendidikan Agama Islamen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectImplementasien_US
dc.subjectMetode Demonstrasien_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titleImplementasi Metode Demonstrasi pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 15 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record