View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Islamic Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Metode Demonstrasi pada Pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII di SMP Negeri 15 Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (2.180Mb)
Fulltext (7.489Mb)
Date
2023-07-09
Author
Pratama, Raga Arya
Metadata
Show full item record
Abstract
Implementasi yang dilakukan oleh seorang guru harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan siswa. Implementasi harus direlevansikan dengan materi pembelajaran, oleh karena itu dalam usaha meningkatkan kualitas pendidikan guru mempunyai peran penting dalam mengelola pembelajaran. Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI adalah metode demonstrasi, metode demonstrasi merupakan proses seseorang menjelaskan serta memperagakan sesuatu, sehingga dapat melihat, mengamati, mendengar, dan merasakan proses yang ditunjukkan seseorang dengan mudah. Pendidikan agama Islam adalah usaha sadar untuk menyiapkan, memahami, meyakini dan mengamalkan ajaran Islam melalui kegiatan bimbingan atau pengarahan dengan baik. Salah satu metode yang digunakan guru PAI di SMP Negeri 15 Malang dalam pembelajaran PAI adalah metode demonstrasi. Dari konteks penelitian di atas, fokus dari penelitian ini adalah tentang bagaimana perencanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, bagaimana pelakasanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, dan bagaimana evaluasi metode demonstarasi dalam pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, mendeskripsikan pelaksanaan implementasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI, dan mengetahui evaluasi metode demonstrasi dalam pembelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 15 Malang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus, yang menggunkan metode pengumpulaan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini yaitu guru PAI, Kepala Sekolah dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model interaktif Milles, Huberman dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru merencanakan metode demonstrasi pada pembelajaran dapat memperjelas tujuan yang akan dicapai siswa dalam pembelajaran dengan terstruktur. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi guru menjelaskan materi solat dengan bacaan dan gerakan guna untuk dituru, memperkuat pemahaman siswa dan meningkatkan daya berpikir siswa. Dalam evaluasi metode demonstrasi guru memperkuat siswa dalam pemahamannya baik dari segi keterampilan, sikap dan pengetahuan guna untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari. Kata Kunci : Implementasi, Metode Demonstrasi, Pendidikan Agama Islam
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7580
Collections
  • UT - Islamic Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group