Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder menggunakan laporan tahunan maupun laporan keberlanjutan yang diperoleh melalui website resmi Bursa Efek Indonesia dan website resmi masing-masing perusahaan.
Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling memperoleh sampel sebanyak 66 perusahaan, dengan periode 2019-2021 sehingga memperoleh jumlah sampel sebanyak 198. Data yang diperoleh akan dihitung, diuji dan diolah kembali atas hipotesis yang diajukan menggunakan Software Statistical Product and Service Solutions (SPSS) 25 for windows.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Ukuran perusahaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021. Leverage tidak berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019-2021.
Kata Kunci : Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan