Implementasi Media Puzzle pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Kelas Tahfidz Al-Qur’an Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 2 Rembang
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proses belajar mengajar dan penerapan media puzzle dalam proses belajar mengajar siswa kelas X Tahfiz Qur'an MAN 2 Rembang. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis bagaimana pemanfaatan media puzzle dalam proses pembelajaran Al Qur'an Hadits yang diawali dengan perencanaan, pelaksanaan dan penilaian serta evaluasi sebagai proses belajar mengajar di kelas X Tahfidz Al Qur'an. di MAN 2 Rembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, karena penelitian ini dijelaskan dengan analisis deskriptif dengan mengamati dan mewawancarai langsung guru dan sekolah yang bersangkutan serta melakukan observasi lapangan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini diperoleh melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi penggunaan media Puzzle pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits di kelas X Tahfidz Al-Qur'an MAN 2 Rembang. Sudah tersusun dengan baik pada tahap persiapan, menunjukkan persiapan guru sebelum melaksanakan pembelajaran dengan media puzzle. Pemanfaatan puzzle sebagai media pembelajaran pada tahap implementasi dapat tercapai dengan baik, apabila mampu mengukur kualitas hafalan setiap siswa dengan menggunakan hasil evaluasi yang telah dilakukan melalui uji banding menyusun materi puzzle yang digunakan untuk media pembelajaran.
Kata Kunci : Implementasi, Media Puzzle, Al-Qur’an Hadits