Implementasi Komunikasi Efektif 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik (Studi Kasus SMA Negeri 1 Malang)
Abstract
Manusia merupakan makhluk sosial, dimana saling berhubungan dan bergantung satu sama lain. untuk menjadikan komunikasi sebagai Interaksi sesama manusia sehingga komunikasi yang baik tidak akan menimbulkan kesalahpahaman akan tetapi komunikasi yang baik dapat menumbuhkan rasa saling menghormati dan menghargai antar sesama. Seperti kita menerapkan 3S yang mana dapat dijadikan karakter yang Islami dengan mencerminkan akhlak yang baik melalui praktik secara langsung. Yang sesuai dengan ajaran islam yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist Nabi Muhammad SAW.
Dari latar belakang Penelitian di atas maka peneliti menjelaskan tentang tujuan dari penelitian yaitu: untuk mendeskripsikan Perencanaan Komunikasi Efektif 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang, pelaksanaan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang, hasil dari pelaksanaan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang, evaluasi Komunikasi Efektif 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang, dan faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan 3S (Senyum, Salam, Sapa) terhadap Pembentukan Karakter Islami peserta didik di SMA Negeri 1 Malang.
Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Metode: 1) Metode Observasi yang berupa Observasi Pasif yaitu peneliti hadir ditempat kegiatan orang yang diamati, akan tetapi tidak ikut terlibat dalam kegiatan tersebut. Sehingga Data yang diamati yakni fokus yang kedua tentang proses pelaksanaan dan faktor yang mendukung serta menghambat dalam Implementasi Komunikasi Efektif 3S (Senyum, Salam, Sapa) pada Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik Studi Kasus SMA Negeri 1 Malang. 2) Metode Wawancara menggunakan Wawancara terstruktur dengan menyiapkan pedoman wawancara. Sehingga data yang diperoleh melalui informasi-informasi yang berhubungan dengan fokus ke 1, 3, dan 4 yaitu terkait perencanaan yang dipersiapkan oleh sekolah pada saat menerapkan Komunikasi Efektif 3S di SMA Negeri 1 Malang, hasil dari pelaksanaan 3S dalam pembentukan karakter Islami peserta didik di SMA Negeri 1 Malang, serta evaluasi Komunikasi Efektif 3S di SMA Negeri 1 Malang. 3) Metode Dokumentasi yang berupa visi dan misi, Tujuan Sekolah, dan RPP. Sehingga data yang digunakan untuk mendapatkan Informasi yang berhubungan dengan kelima fokus penelitian.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) Perencanaan Komunikasi Efektif 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang antara lain: Sosialisasi, Semboyan Mitreka Satata, dan RPP. Strategi yang digunakan melalui kegiatan rutinan seperti: PPM (Putra Putri Mitreka), Jum’at pagi (Istighosah), Senin Pagi (Upacara Bendera), Program Literasi, dan Membudayakan Semboyan Sekolah. Metode yang digunakan seperti: Metode Senyum, Metode Salam, Metode Sapa, Metode Ceramah, dan Metode Diskusi. 2) Pelaksanaan 3S (Senyum, Salam, Sapa), serta Apakah ada Faktor yang mendukung dan menghambat terhadap Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang yaitu dalam pelaksanaan 3S melalui: Keteladanan, Pembiasaan, dan Kedisiplinan. Faktor yang Mendukung diantaranya seperti: Semboyan kita Mitreka Satata, Tuntutan dari Kurikulum, Sistem donasi PPDB, Konsisten dalam Lingkungan Sekolah, Kegiatan Rutinan. Sedangkan Faktor yang menghambat seperti: Lingkungan, Guru, Siswa. 3) Hasil dari Pelaksanaan 3S (Senyum, Salam, Sapa) dalam Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik di SMA Negeri 1 Malang melalui: Penilaian Karakter yaitu: Penilaian Keseharian di sekolah seperti: Sikap dalam Tingkah Laku, Sikap dalam Perkataan, Sikap disiplin. Penilaian Keseharian di rumah. Penilaian Kedisiplinan. 4) Evaluasi Komunikasi Efektif 3S (Senyum, Salam, Sapa) terhadap Pembentukan Karakter Islami Peserta Didik melalui: Tes yang berupa pertanyaan yang menerapkan 3S didalamnya, penilaian dalam Rapot.
Hal yang perlu diperhatikan sebagai sarana-sarana yaitu tentang bagaimana langkah ke depan dari SMA Negeri 1 Malang untuk dapat mengembangkan dan memperluas inovasi dengan cara yang lebih baik lagi serta mengefektifkan komunikasi ke dalam program 3S (Senyum, Salam, Spa) agar bisa membentuk karakter Isalmi Peserta didik di SMA Negeri 1 Malang.
Kata Kunci: Implementasi, Komunikasi Efektif, 3S, Pembentukan Karakter Islami