Show simple item record

dc.contributor.authorFatahillah, Arif
dc.date.accessioned2020-12-07T03:15:45Z
dc.date.available2020-12-07T03:15:45Z
dc.date.issued2020-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/761
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi karena sedikitnya bahan ajar bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA) khususnya di Thailad. Besarnya minat pemelajar BIPA di Thailand untuk mempelajari bahasa Indonesia masih terkendala dengan kurang tersedianya bahan ajar BIPA. Keterbatasan bahan ajar ini menjadi masalah penting yang sering dihadapi pengajar dalam kegiatan pembelajaran BIPA. Oleh karena itu, pengembangan bahan ajar BIPA sangat dibutuhkan. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini yaitu (1) bagaimanakah analisis kebutuhan bahan ajar BIPA tingkat pemula (beginner) di sekolah Songserm Wittaya Mulnithi distrik Kuthao Hadyai Thailand menurut persepsi pemelajar dan pengajar BIPA, (2) bagaimanakah hasil pengembangan bahan ajar BIPA tingkat pemula (beginner) di sekolah Songserm Wittaya Mulnithi distrik Kuthao Hadyai Thailand, (3) bagaimanakah hasil validasi bahan ajar BIPA tingkat pemula (beginner) di sekolah Songserm Wittaya Mulnithi distrik Kuthao Hadyai Thailand berdasarkan penilaian ahli dan praktisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) Borg dan Gall yang sudah dimodifikasi oleh Sugiono yang dilakukan dengan lima tahapan, yaitu: (1) tahap pra pengembangan, (2) tahap awal pengembangan, (3) desain produk, (4) validasi produk, (5) revisi produk. Penelitian ini menggunakan tiga teknik pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan angket berupa google form untuk memeroleh data kebutuhan pengembangan bahan ajar dan penilaian pada bahan ajar. Adapun sumber data terdiri atas pengajar BIPA, pemelajar BIPA, ahli BIPA dan ahli bahan ajar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yang terdiri atas pemaparan data, pemerolehan nilai dan simpulan data. Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, hasil analisis kebutuhan menurut persepsi pebelajar dan pengajar BIPA menghasilkan karakteristik bahan ajar BIPA tingkat pemula (beginner) di sekolah Songserm Wittaya Mulnithi distrik Kuthao Hadyai Thailand, menggunakan ragam bahasa yang mudah dipahami dan sesuai dengan keterbacaan penutur asing tingkat pemula, memiliki teknik latihan empat aspek berbahasa serta latihan tata bahasa pada setiap babnya. Bahan ajar disusun dalam bentuk A4 dengan jenis huruf berbagai jenis vii huruf salah satunya Times New Roman ukuran 12 pt. Selain itu, bahan ajar yang dikembangkan juga didasarkan pada prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar. Pada aspek isi/materi didasarkan pada prinsip relevansi, konsistensi dan kecukupan. Kedua, bahan ajar dikembangkan dengan empat aspek yakni (a) materi/topik, (b) penyajian materi/topik, (c) bahasa dan keterbacaan, dan (d) grafika. Ketiga, penilaian hasil uji produk bahan ajar oleh ahli bahan ajar memperoleh persentase 95%. Hasil uji produk bahan ajar oleh ahli BIPA memperoleh persentase 87%. Hasil uji produk bahan ajar oleh praktisi/pengajar BIPA 1 dan 2 memperoleh 81,2% dan 88,9%, dan memiliki hasil analisis keseluruhan aspek rata-rata 87.97%. Saran perbaikan dari pengajar BIPA, ahli bahan ajar dan ahli BIPA. Perlu dilakukannnya perbaikan pada empat aspek yaitu (1) perbaikan beberapa kosa kata, (2) pemilihan ilustrasi dan gambar, (3) bentuk tampilan materi, dan (4) layout/tata letak.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectBahan Ajar BIPAen_US
dc.subjectTingkat Pemulaen_US
dc.titlePengembangan Bahan Ajar BIPA Tingkat Pemula (Beginner) di Songserm Wittaya Mulnithi Kuthao Hadyai Thailanden_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record