dc.description.abstract | Kota Batu merupakan salah satu kota yang terus menciptakan inovasi baru yang optimal bagi masyarakat. Melihat kebutuhan masyarakat yang terus meningkat menjadikan pelayanan administrasi kependudukan di Kota Batu mengalami beberapa perubahan inovasi. Survei akan terus dilakukan oleh aparat sesuai dengan Peraturan Walikota Batu Nomor 21 Tahun 2021 tentang Pedoman Pelaksanaan Survei Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Lingkungan Pemerintah Kota Batu. Dispendukcapil dituntut memberikan pelayanan yang baik dan berkualitas. Oleh Karena itu, salah satu inovasi yang diterapkan oleh dispendukcapil Kota Batu adalah Program Mosgun Pelampung (Mobil Serbaguna Pelayanan Masuk Kampung).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan Program Mosgun Pelampung dalam peningkatkan kualitas pelayanan publik di Dispendukcapil Kota Batu, untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor penghambat dan faktor pendukung dalam penerapan Program Mosgun Pelampung di Dispendukcapil Kota Batu. Dalam rangka mencapai tujuan penelitian tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pada analisinya peneliti menggunakan teori efektivitas oleh Makmur (2011:7) yang menerangkan peranan yang dilakukan pemerintah mempunyai indikator atau kriteria efektivitas untuk menjalankan fungsi dan tugasnya.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data collection, data condension, data display, dan conclusion sebagaimana yang dikemukan oleh Miles dan Hubberman (2014: 12-14). Peneliti juga menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu guna memastikan keabsahan data penelitian.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan teori efektivitas menurut Makmur (2011:7) yang mempunyai indikator atau kriteria efektivitas, maka Program Mosgun Pelampung dapat dikatakan efektif (2) faktor pendukung program ini yaitu sarana dan prasarana, sumber daya Aparatur (SDA) dan media (3) Terdapat beberapa faktor penghambat dari program ini seperti kesadaran masyarakat dan jaringan server pusat.
Kata Kunci: Efektivitas, Peningkatan Pelayanan Publik, Program Mosgun Pelampung | en_US |