Show simple item record

dc.contributor.authorJuliana, Puput
dc.date.accessioned2020-12-07T03:24:46Z
dc.date.available2020-12-07T03:24:46Z
dc.date.issued2020-08-06
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/763
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap satu faktor penentu kreativitas menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMK 1 Pangkalan Kuras. Menulis memang sangatlah mudah jika tidak memperhatikan kaidah sistematika cara penulisan. Berbeda dengan menulis yang mengikuti kaidah sistematika penulisan yang sesuai pedoman bahasa indonesia, dalam hal ini untuk menghasilkan teks prosedur kompleks yang baik dan benar siswa harus menguasai dan memahami beberapa aturan dalam penggunaan tata bahasa. Jika tidak menggunakan tata bahasa yang tepat maka makna dan perintah yang terkandung dalam suatu kalimat akan memiliki makna atau arti yang berbeda. Penguasaan tata bahasa dapat mempengaruhi belajar siswa dalam kreatif menulis, dimana tata bahasa mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur penggunaan bahasa yang telah diatur dalam buku tata bahasa baku Bahasa Indonesia. Maka dari itu penelitian dengan judul “Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa Terhadap Kreativitas Menulis Teks Prosedur Kompleks SMK 1 Pangkalan Kuras”, memiliki titik fokus dalam mengetahui pengaruh penggunaan morfem terhadap kreativitas menulis teks prosedur kompleks, mengetahui pengaruh penggunaan kalimat tunggal terhadap kreativitas menulis teks prosedur kompleks dan mengetahui pengaruh penggunaan kalimat majemuk terhadap kreativitas menulis teks prosedur kompleks. Penelitian ini mendeskripsikan penguasaan tata bahasa siswa terhadap kreatif menulis, dalam hal ini merupakan jenis penelitian ex-post facto. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positifisme digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Adapun pengumpulan data dengan menggunakan tes instrumen tata bahasa dan tes instrumen menulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK 1 Pangkalan Kuras dengan mengambil sempel sebanyak 167 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling simple random sampling. Pengumpulan data tata bahasa, kreatif menulis, afeksi siswa di lakukan dengan instrumen, kreatif menulis, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa XI SMK 1 Pangkalan Kuras yang ditunjukan dengan kategori terbaik dalam tata bahasa penggunaan morfem sebanyak 11 siswa (37%) kategori cukup sebanyak 18 siswa (60%), penggunaan kalimat tunggal tingkat penguasaan terbaik sebanyak 11 siswa (37%), kategori cukup 15 siswa (50%), penggunaan kalimat majemuk kategori terbaik 11 siswa (37%), kategori cukup 18 siswa (60%) dan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersamaan penguasaan tata bahasa dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks di tunjukan dengan inteval 76-100 nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 75. Maka dari itu seluruh siswa telah mencapai nilai diatas kriteris ketuntasan nilai (KKM). Rata-rata nilai menulis teks prosedur kompleks yaitu 80,73. Pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap kreativitas menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI di SMK 1 Pangkalan Kuras terdapat pengaruh positif dan signifikan yang sangat berpengaruh dalam menulis kreatif terdapat pada penggunaan kalimat majemuk terhadap kreatif menulis memiliki nilai signifikansi (Sig.) 0.000 pada tabel Coefficientsa dengan nilai α (derajat signifkansi) 0.009 artinya 0.009<0.05 atau terdapat pengaruh yang signifikan dan uji t menunjukkan 2.815>t tabel (1.69726).en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectTata Bahasaen_US
dc.subjectKreativitas Menulisen_US
dc.titlePengaruh Penguasaan Tata Bahasa terhadap Kreativitas Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa SMK 1 Pangkalan Kurasen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record