Pengaruh Penguasaan Tata Bahasa terhadap Kreativitas Menulis Teks Prosedur Kompleks pada Siswa SMK 1 Pangkalan Kuras
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penguasaan
tata bahasa terhadap satu faktor penentu kreativitas menulis teks prosedur
kompleks pada siswa kelas XI SMK 1 Pangkalan Kuras. Menulis memang
sangatlah mudah jika tidak memperhatikan kaidah sistematika cara penulisan.
Berbeda dengan menulis yang mengikuti kaidah sistematika penulisan yang sesuai
pedoman bahasa indonesia, dalam hal ini untuk menghasilkan teks prosedur
kompleks yang baik dan benar siswa harus menguasai dan memahami beberapa
aturan dalam penggunaan tata bahasa. Jika tidak menggunakan tata bahasa yang
tepat maka makna dan perintah yang terkandung dalam suatu kalimat akan
memiliki makna atau arti yang berbeda.
Penguasaan tata bahasa dapat mempengaruhi belajar siswa dalam
kreatif menulis, dimana tata bahasa mempelajari kaidah-kaidah yang mengatur
penggunaan bahasa yang telah diatur dalam buku tata bahasa baku Bahasa
Indonesia. Maka dari itu penelitian dengan judul “Pengaruh Penguasaan Tata
Bahasa Terhadap Kreativitas Menulis Teks Prosedur Kompleks SMK 1 Pangkalan
Kuras”, memiliki titik fokus dalam mengetahui pengaruh penggunaan morfem
terhadap kreativitas menulis teks prosedur kompleks, mengetahui pengaruh
penggunaan kalimat tunggal terhadap kreativitas menulis teks prosedur kompleks
dan mengetahui pengaruh penggunaan kalimat majemuk terhadap kreativitas
menulis teks prosedur kompleks.
Penelitian ini mendeskripsikan penguasaan tata bahasa siswa
terhadap kreatif menulis, dalam hal ini merupakan jenis penelitian ex-post facto.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berlandaskan pada
filsafat positifisme digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu.
Adapun pengumpulan data dengan menggunakan tes instrumen tata bahasa dan
tes instrumen menulis. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK 1
Pangkalan Kuras dengan mengambil sempel sebanyak 167 siswa. Teknik
pengambilan sampel menggunakan teknik sampling simple random sampling.
Pengumpulan data tata bahasa, kreatif menulis, afeksi siswa di lakukan dengan
instrumen, kreatif menulis, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji anova.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan
signifikan penguasaan tata bahasa terhadap kemampuan menulis teks prosedur
kompleks siswa XI SMK 1 Pangkalan Kuras yang ditunjukan dengan kategori
terbaik dalam tata bahasa penggunaan morfem sebanyak 11 siswa (37%) kategori
cukup sebanyak 18 siswa (60%), penggunaan kalimat tunggal tingkat penguasaan
terbaik sebanyak 11 siswa (37%), kategori cukup 15 siswa (50%), penggunaan
kalimat majemuk kategori terbaik 11 siswa (37%), kategori cukup 18 siswa (60%)
dan ada pengaruh yang positif dan signifikan secara bersamaan penguasaan tata
bahasa dan kemampuan menulis teks prosedur kompleks di tunjukan dengan
inteval 76-100 nilai tertinggi 86 dan nilai terendah 75. Maka dari itu seluruh siswa
telah mencapai nilai diatas kriteris ketuntasan nilai (KKM). Rata-rata nilai
menulis teks prosedur kompleks yaitu 80,73.
Pengaruh penguasaan tata bahasa terhadap kreativitas menulis teks
prosedur kompleks pada siswa kelas XI di SMK 1 Pangkalan Kuras terdapat
pengaruh positif dan signifikan yang sangat berpengaruh dalam menulis kreatif
terdapat pada penggunaan kalimat majemuk terhadap kreatif menulis memiliki
nilai signifikansi (Sig.) 0.000 pada tabel Coefficientsa
dengan nilai α (derajat
signifkansi) 0.009 artinya 0.009<0.05 atau terdapat pengaruh yang signifikan dan
uji t menunjukkan 2.815>t tabel (1.69726).