Show simple item record

dc.contributor.authorDhamayanty, Ardhea Citra
dc.date.accessioned2020-12-07T03:26:20Z
dc.date.available2020-12-07T03:26:20Z
dc.date.issued2020-07-21
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/765
dc.description.abstractKurangnya buku pengayaan yang sesuai untuk peserta didik dalam kegiatan literasi membaca di sekolah membuat wawasan peserta didik sedikit terbatas. Keanekaragaman budaya Nusantara dapat dijadikan bahan bacaan yang menarik untuk peserta didik. Tujuannya yaitu agar menjadi pribadi yang berbudaya serta mengenal baik tanah airnya. Berdasarkan karakter peserta didik saat ini dengan rasa ingin tahu yang tinggi akan baik apabila disalurkan dalam literasi dengan menggunakan bahan bacaan yang mendukung. Hal ini akan berdampak baik bagi peserta didik sebagai sarana menambah wawasan serta keterampilan peserta didik baik. Beragam budaya daerah Nusantara akan mampu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam berpikir dan berkembang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan buku pengayaan berbasis multikultural yang sesuai untuk meningkatkan literasi membaca siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Malang, juga untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku pengayaan, serta mendeskripsikan hasil uji kelayakan dari buku pengayaan berbasis multikultural yang difungsikan untuk literasi membaca peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) model adaptasi dari Borg and Gall. Model ini dipilih karena sesuai dengan penelitian yang mengikuti langkahlangkah secara siklus. Tahapan yang diambil juga disesuaikan dengan kebutuhan penelitian. Data dikumpulkan melalui beberapa instrumen penelitian yaitu pedoman wawancara, lembar validasi, serta angket. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian pengembangan ini meliputi analisis kebutuhan yang diketahui berdasarkan angket menunjukkan bahwa masih ada peserta didik yang belum memahami tentang nilai-nilai dari kebudayaan Nusantara. Hal ini menunjukkan bahwa guru dan peserta didik membutuhkan buku pengayaan berbasis multikultural untuk meningkatkan literasi membaca. Proses pengembangan buku pengayaan terdiri dari tujuh tahapan yang meliputi tahap penelitian dan pengumpulan informasi awal, tahap perencanaan, tahap pengembangan produk awal, tahap validasi desain, tahap perbaikan desain, tahap uji coba produk dan, tahap revisi atau penyempurnaan produk. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah berupa buku pengayaan berbentuk e-book yang berjudul Ragam Kisah Nusantara. Isi buku pengayaan terdiri dari konsep garis besar keragaman budaya di Indonesia yang merupakan bagian pengantar pemacu pengetahuan dasar siswa. Bagian inti yaitu bacaan multikultural yang terdapat berbagai bacaan yang merupakan kisah-kisah di suatu daerah yang tersebar di Indonesia. Di dalamnya juga terdapat ilustrasi atau ikon budaya, yang merupakan bagian yang menunjang materi yang ada pada bagian bacaan multikultural. Hasil uji kelayakan terhadap buku pengayaan dari ahli materi menunjukkan persentase sebesar 70%. Hasil uji ahli bahasa dan kegrafikaan mendapatkan persentase sebesar 86,1%. Hasil uji praktisi sebesar 78,57%. Dan hasil analisis respon siswa menunjukkan persentase sebesar 90,4%. Berdasarkan data hasil uji para ahli serta praktisi menunjukkan bahwa buku pengayaan yang dikembangkan layak digunakan dengan memperhatikan perbaikan yang ada. Peserta didik juga dapat terlihat dengan menunjukkan ketertarikan yang cukup besar terhadap buku pengayaan Ragam Kisah Nusantara.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPengambanganen_US
dc.subjectBuku Pengayaanen_US
dc.subjectMultikulturalen_US
dc.subjectLiterasi Membacaen_US
dc.titlePengembangan Buku Pengayaan Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 8 Malangen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record