Implementasi Media Power Point dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Hijratul Khair Kab. Bungo
Abstract
Media merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam proses pembelajaran demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Media sekarang sangat dibutuhkan untuk melengkapi dan mendukung efektivitas kegiatan interaksi pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri penggunaan teknologi dalam suatu pembelajaran merupakan sebuah alternatif pendidikan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil dan proses siswa, yang mana guru dan peserta didik dituntut aktif menggunakan teknologi pendidikan dalam proses pembelajaran yang salah satunya penggunaan media power point dalam proses pembelajaran. Implementasi media power point dalam proses pembelajaran akidah akhlak merupakan proses yang menggambarkan pembelajaran yang lebih kreatif. Sehingga, pada proses pembelajaran akidah akhlak di MI Hijratul Khair Kab. Bungo, salah satu guru akidah akhlak telah mengimplementasikan media power point ketika proses mengajar.
Dari konteks penelitian di atas, maka peneliti merumuskan masalah sebagai berikut, yaitu 1). Bagaimana implementasi media power point dalam pembelajaran akidah akhlak kelas 3 MI Hijratul Khair Kab. Bungo, 2). Bagaimana dampak implementasi media power point dalam pembelajaran akidah akhlak kelas 3 MI Hijratul Khair Kab. Bungo, 3). Bagaimana kendala penerapan media power point dalam pembelajaran akidah akhlak kelas 3 MI Hijratul Khair Kab. Bungo.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengkaji tentang 1). Implementasi media power point dalam pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas 3 MI Hijratul Khair Kab. Bungo, 2). Dampak penerapan media power point dalam pembelajaran akidah akhlak pada siswa kelas 3 MI Hijratul Khair Kab. Bungo. serta 3). kendala penerapan media power point dalam pembelajaran akidah akhlak kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah Hijratul Khair Kab. Bungo.
Untuk menjawab akan pokok permasalahan di atas, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan teknik pengumpulan data utama yang terdiri dari pengamatan (observasi), wawancara, dan dokumentasi. Adapun jenis yang digunakan dalam penelitian ini ialah jenis deskriptif kualitatif. Jenis penelitian deskriptif kualitatif merupakan jenis penelitian yang bertujuan untuk menjelaskan suatu masalah secara akurat dan sistematis.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1). Pengimplementasian media power point dalam proses pembelajaran akidah akhlak terdapat tahapan-tahapan yang perlu diperhatikan dalam menerapkan media power point yang akan dilakukan meliputi persiapan dan pelaksanaan yang kemudian guru melakukan strategi pembelajaran yang sesuai, 2). Dampak yang dihasilkan dalam mengimplementasikan media power point ketika proses pembelajaran akidah akhlak dapat dilihat dari siswa yang lebih berperan aktif, lebih semangat, tidak merasa jenuh dan bosan, dan siswa lebih memahami materi yang diajarkan oleh guru, 3). Kendala yang dihadapi dalam mengimplementasikan media power point meliputi pengadaan sarana penunjang seperti LCD proyektor yang harganya cukup mahal, dan tidak semua guru memiliki keahlian dan keterampilan dalam menggunakan media teknologi mutakhir seperti media power point.
Kata Kunci : Power Point, Media Pembelajaran, Akidah Akhlak