View Item 
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
  •   UNISMA Repository
  • Dissertations and Theses
  • Undergraduate Theses
  • UT - Faculty of Islamic Studies
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

Implementasi Media Sempoa dalam Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 di SDN Sumbersari 01 Malang

Thumbnail
View/Open
Publish (1.982Mb)
Fulltext (2.140Mb)
Date
2023-07-15
Author
Billa, Salsa
Metadata
Show full item record
Abstract
Media sempoa merupakan media pembelajaran berbentuk manik-manik yang berfungsi untuk mata pelajaran matematika mengenai operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan. Implementasi pembelajaran menggunakan media sempoa ini diharapkan dapat menyampaikan materi pelajaran matematika operasi hitung dengan lebih efektif dan efisien. Sehingga peneliti yakin bahwa dengan adanya penelitian ini, siswa dapat lebih memahami guna media pembelajaran terutama media sempoa dalam mata pelajaran matematika. Adapun tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah untuk mengetahui implementasi media sempoa sebagai alat pembelajaran dalam konteks pendidikan, khususnya pada mata pelajaran Matematika di kelas 1 di SDN Sumbersari 01 Malang. Selain itu, penelitian ini juga meliputi perencanaan, penerapan, dan evaluasi terkait implementasi media sempoa tersebut. Dengan demikian, penelitian ini akan memberikan gambaran yang lebih rinci tentang bagaimana media sempoa digunakan dalam proses pembelajaran matematika di sekolah tersebut, serta mengevaluasi efektivitasnya dalam membantu siswa memahami matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengamatan langsung sebagai cara utama untuk mengumpulkan data. Teknik penelitian yang diterapkan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Melalui pengamatan langsung, peneliti dapat memperoleh informasi yang mendalam tentang implementasi media sempoa dalam pembelajaran matematika. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis secara kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan menggunakan pendekatan ini, peneliti dapat mendapatkan pemahaman tentang efektivitas dan dampak penggunaan media sempoa dalam konteks pendidikan. Hasil yang diperoleh guna menjawab fokus penelitian yang ada yaitu: (1) pembelajaran yang dirancang menggunakan sempoa ini adalah untuk melestarikan media tradisional; (2) implementasi pembelajaran dengan media sempoa mampu meningkatkan kecepatan dan ketepatan dalam menjalankan operasi hitung, seperti penjumlahan dan pengurangan bilangan; (3) hasil yang dicapai adalah cukup efektif karena banyaknya siswa yang memahami penggunaan media ini dengan baik sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Kata Kunci: Media Sempoa, Pembelajaran Matematika, Implementasi, Efektivitas.
URI
http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/7686
Collections
  • UT - Madrasah Ibtidaiyah Teacher Education

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group
 

 

Browse

All of CategoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

Login

PRISMA Knowledge Center
Perpustakaan dan Kearsipan UNISMA
Telp: 0341-581613, Fax.: 0341-552249
Addr: Jln. MT. Haryono 193, Kota Malang
UNISMA Repository Quick Access 
Digilib UNISMA
Unicat Discovery
APPTNU Repository Group