Abstract:
Salah satu cara untuk membentuk karakter religius adalah dengan mengadakan pembiasaan aktivitas keagaman disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kegiatan pembiasaan keagamaan dalam pembentukan karakter religius.
Penelitian ini merupakan studi kasus dengan jenis penelitian yang bersifat kualitafif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran pendidikan dalam membentuk karakter religius peserta didik kelas rendah melalui pendidikan berbasis fitrah di MI Syihabuddin Dau Kabupaten Malang. Oleh karena itu, penelitian ini dikonsentrasikan pada perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi dalam pembentukan karakter melalui pendidikan berbasis fitrah.
Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Observasi, wawancara, dokumentasi, serta cermat, teliti, dan berdasarkan nilai-nilai ilmiah. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yakni analisa deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga bagiam, yaitu : reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan.
Objek dalam penelitian ini adalah MI Syihabuddin Dau Kabupaten Malang. Sebuah Sekolah yang menjadi pembeda dengan sekolah pada umumnya karena sekolah ini menekankan pada pendidikan karakter berbasis fitrah pada peserta didik. Adapun instrumen pada penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, dan wali kelas. Karena mereka yang terlibat langsung dalam kegiatan penyelengaraan pembentukan karakter melalui pendidikan berbasis fitrah di Mi Syihabuddin Dau dan mengetahui informasi yang akurat tentang manajemen kurikulum pendidikan yang memiliki basis fitrah ini.
Hasil penelitian yang didapatkan adalah: 1) perencanaan program pembentukan karakter religius anak dilakukan dengan metode teladan, metode pembiasaan, metode nasihat, metode mendidik, metode ekstrakurikuler. 2) pelaksanaan program pembentukan karakter religius melalui beberapa aktivitas keagamaan disekolah setiap harinya dan didukung oleh program unggulan dai MI Syihabuddin Dau; dan 3) sistem evaluasi program pembentukan karakter religius melalui pengawasan anak secara teratur dan berkala, pemantauan melalui buku ibadah dan yang terakhir melalui jurnal konseling kelas.
Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan, Evaluasi, Karakter Religius.