Show simple item record

dc.contributor.authorJannah, Miftahul
dc.date.accessioned2020-12-07T06:48:33Z
dc.date.available2020-12-07T06:48:33Z
dc.date.issued2020-07-20
dc.identifier.urihttp://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/771
dc.description.abstractPada hakikatnya anak berkebutuhan khusus sama seperti anak normal biasanya, ia memiliki potensi-potensi positif yang dapat berkembang, namun terkendala oleh hambatan-hambatan yang dialaminya. Sama halnya seperti pendidikan anak berkebutuhan khusus juga mempunyai hak untuk bersekolah guna mendapatkan pengajaran atau pendidikan seperti anak normal lainnya. Berdasarkan observasi awal, bahwa kurikulum di SLBN Batu merupakan salah satu sekolah luar biasa yang khusus memberikan pembelajaran terhadapanak berkebutuhan khusus. Kurikulum di SLBN Batu telah dilakukan modifikasi, salah satu contoh modifikasi yang dilakukan oleh sekolah adalah dengan menggabungkan kelas mulai dari kelas X, XI, dan XII dalam satu ruangan. Maka dari itu diperlukan keterampilan guru dalam mengelola kelas dan keahlian khusus dalam menyampaikan ilmu pengetahuan, dan dapat menuntaskan kompetensi yang ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu, mulai dari perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi. Untuk mencapai tujuan tersebut di atas penelitian dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif berbentuk penelitian lapangan atau studi kasus. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan empat komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan Peneliti menggunakan pengamatan lebih lama, wawancara secara mendalam, diskusi teman sejawat, triangulasi, member check dan bahan referensi. Berdasarkan hasil penelitian dapat didapatkan hasil temuan penelitian yaitu 1) Perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SMALB Negeri Batu meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), pada perencanaan pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di SMALB Negeri Batu menggunakan perencanaan pembelajaran adaptif yang dimodifikasi dan dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dipelajari, dilaksanakan dan memenuhi kebutuhan pendidikan anak ABK tunarungu. Dalam merencanaan pembelajaran guru PAI juga menyiapkan secara matang antara lain, analisis media atau alat peraga yang akan digunakan, menyiapkan materi yang akan diajarkan, mengenali karakter siswa. Sehingga akan mempermudah guru untuk menentukan pendekatan, model, metode dan strategi yang akan digunakan. Dengan adanya perencanaan diharapakan semua yang sudah diprogramkan dalam jangka waktu tertentu dapat tercapai dengan maksimal. 2) Proses pelaksanaan guru PAI di SMALB Negeri Batu telah melakukan modifikasi proses pelaksanaan di kelas baik dari segi strategi, metode, materi, dan media. Adapun yang digunakan guru PAI di SMALB Negeri Batu adalah strategi individual, metode MMR (Metode Maternal Reflektif), media visual, dan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Mereka memperoleh strategi pembelajaran khusus sesuai dengan kondisi, kebutuhan dan kemampuannya. Modifikasi proses atau kegiatan pembelajaran berkaitan dengan penggunaan metode mengajar, lingkungan/setting belajar, waktu belajar, media belajar dan sumber belajar. 3) Evaluasi pembelajaran Pendidikan agama Islam bagi anak tunarungu di SMALB Negeri Batu dilakukan dengan menggunakan tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik, akan tetapi evaluasi pembelajaran lebih diukur dari hasil aspek afektif dan psikomotorik. Penilaian terhadap pembelajaran anak berkebutuhan khusus tunarungu dengan teknik tes dan non tes. Teknik tes terdiri dari pilihan ganda, jawaban benar salah, menjodohkan atau isian singkat. Teknik evaluasi dilakukan secara tertulis guru PAI menghindari soal-soal dalam bentuk pertanyaan analisis. Hal yang perlu diperhatikan sebagai saran-saran yaitu tentang pihak sekolah diharapkan memberikan pembinaan kepada guru-guru di Sekolah Luar Biasa Negeri Batu dengan diadakannya pelatihan kompetensi tenaga pendidik dan pembinaan guru anak berkebutuhan khusus. Peneliti berharap dengan adanya pelatihan kompetensi pendidik akan menjadikan guru dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam menangani permasalahan perkembangan belajar anak tunarunguen_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherUniversitas Islam Malangen_US
dc.subjectPembelajaranen_US
dc.subjectTunarunguen_US
dc.subjectPendidikan Agama Islamen_US
dc.titlePelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Tunarungu di SMALB Negeri Batuen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record